26 April 2024 - 22:15 22:15

Menko Polhukam: Pemerintah Tak Langgar HAM di Papua

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Moh. Mahfud MD, mengharapkan kondisi di Papua pada 1 Desember kelak berjalan aman. Seperti diketahui, pada tanggal itu, Organisasi Papua Merdeka biasa menggelar perayaan lagi tahunnya.

“Ya mudah-mudahan baik-baik saja,” kata Mahfud di Jakarta Pusat, Selasa 19 November 2019.

Mahfud menyatakan apa yang dilakukan oleh pemerintah di Papua terkait keamanan merupakan penegakan hukum biasa. Ia menekankan pemerintah tidak melanggar hak asasi manusia di Papua.

“Satu, separatis, itu bukan pelanggaran HAM. Tetapi penegakan hukum. Orang separatis kan saya sudah ucap,” kata ia.

“Kita miliki UU , keamanan dan keteraturan, yang jamin berikan hak pada negara untuk melakukan beberapa langkah keamanan. Jadi bukan pelanggaran HAM,” tuturnya.

Menurut mantan hakim Mahkamah Konstitusi ini, jika ada pelanggaran HAM di Papua, itu terjadi di antara kelompok warga yang satu dengan kelompok warga yang lain.

“Nah yang gue katakan, pelanggaran HAM di Papua itu terjadi secara horizontal. Itu antar kelompok dengan kelompok yang lain pada tingkat rakyat sendiri. Itu tidak dapat dibantah,” katanya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03