27 April 2024 - 12:13 12:13

Peran Komunitas Pendukung dan Daerah Tertinggi Penderita Diabetes

WartaPenaNews, Jakarta – Faktanya, hanya 30 persen penderita diabetes di Indonesia yang memahami tentang diabetes dan cara penanganannya.”

Upaya efektif untuk mencegah serta mengendalikan diabetes harus dilakukan, dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat, selain membangun komunitas pendukung yang solid.

Bersama Sun Life Indonesia, Divisi metabolik endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM telah mengembangkan program relawan diabetes. Kami, memberikan edukasi, tip pencegahan serta penanganan diabetes secara praktis kepada penderita.

Dari program ini diharapkan penderita mampu menjadi mentor bagi penderita lainnya. Penderita diabetes akan lebih mudah percaya dan mau mengikuti arahan-arahan dari penyintas karena memiliki kesamaan penyakit, merasa nyaman dan dianggap berpengalaman.

Cara ini terbukti efektif lho, mampu menurunkan 40 persen kebutuhan akan obat. Sekarang tengah dikembangkan di berbagai wilayah Indonesia, serta diikuti oleh pihak lain.

Yang terpenting, dukungan dari keluarga inti dengan bersama-sama ikut menerapkan gaya hidup sehat di tengah penderita. Diantaranya, mengikuti pola makan penderita diabetes, agar yang bersangkutan mampu menahan godaan dari pola konsumsi yang tidak sehat dan terkontrol. Serta tidak merasa sendiri dan ditinggalkan.

Jumlah Penderita Tertinggi Ada di Manado dan Ternate

Walau terbilang tinggi, hanya separuh penderita yang menyadari bahwa mereka hidup dengan diabetes. Rendahnya literasi diabetes di tengah masyarakat ditemukan pada masyarakat, khususnya Manado dan Ternate.

Bahwa orang Manado dan Ternate merupakan suku yang paling rentan terkena diabetes, secara genetik hal ini terbukti dari prevelansi penderita diabetes di Manado dan Ternate yang cukup tinggi, dibandingkan dari daerah lainnya.

Menurut dr Dante, genetik suatu etnik berperan besar dalam mempengaruhi risiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, pengaruh gaya hidup yang kurang sehat juga berperan penting seseorang terpapar penyakit diabetes. Nah, ayo kita cegah dari sekarang diabetes, dengan berpikir sebelum memilih dan mengonsumsi makanan, serta rutin berkeringat dengan melakukan aktifitas fisik. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03