27 April 2024 - 09:48 9:48

Tiga Menteri Ini Patut Dipertahankan

WartaPenaNews, Jakarta – Calon menteri kabinet periode 2019-2024 masih terus jadi bahan perbincangan. Sejumlah partai politik (parpol) pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin mengaku telah menyiapkan kadernya.

Namun, setidaknya ada tiga menteri yang dinilai pantas kembali masuk kembali pada kabinet mendatang. Mereka adalah Susi Pudjiastusi, Sri Mulyani dan Basuki Hadimuljono.

“Saya melihat beberapa orang punya prestasi yang bagus membantu presiden pada kabinet. Seharusnya bisa dilanjutkan ke periode berikutnya. Ada tiga menteri yang saya nilai pantas,” ujar CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali, di Jakarta, Rabu (24/7).

Yang pertama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Sejak pertama menjabat Susi mulai berakselerasi. Terutama menekan jumlah pencurian ikan di teritorial laut Indonesia. Bahkan Susi di mata masyarakat sangat populer dengan slogannya, “Tenggelamkan”.

“Karena Susi memang mencurahkan perhatiannya dengan menekan tindak pencurian. Caranya menenggelamkan kapal asing yang mengeruk secara ilegal kekayaan laut Indonesia. Berdasarkan data KKP pada 2014, jumlah kapal pelaku penangkapan ikan ilegal yang ditenggelamkan delapan unit,” imbuhnya.

Angka tersebut terus naik di tahun berikutnya. Yakni sebanyak 113 kapal pada 2015, 115 kapal pada 2016, kemudian 127 kapal pada 2017. Hingga Juni 2019 tercatat sudah 516 kapal yang ditenggelamkan.

Yang kedua Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Selama di kabinet, Sri Mulyani dianggap mampu menjaga kondisi fiskal dan defisit anggaran.

Majalah berita terkemuka di bidang ekonomi internasional Global Markets, sampai menobatkannya sebagai Menteri Keuangan terbaik di kawasan Asia Timur dan Pasifik. Selain itu, Sri Mulyani juga mendapatkan penghargaan sebagai menteri terbaik dunia pada World Government Summit di Dubai, Februari 2018.

Nama terakhir yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Dia dinilai berhasil merealisasikan misi pemerintahan Jokowi periode pertama yang fokus terhadap pembangunan infrastruktur.

“Saya pikir tiga menteri itu yang paling layak untuk tetap dipertahankan pada posisi yang sama. Kalau yang lain saya belum lihat,” paparnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03