30 Januari 2023 - 16:06 16:06
728x90

34 Provinsi Siap Ramaikan Smart Citizen Day

WartaPenaNews, Jakarta – Literasi digital tengah digenjot agar bisa diakses bebas oleh masyarakat luas. Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bakal menghelat acara Smart Citizen Day. Acara ini akan berlangsung di Tribrata Ball Room, Darmawangsa, Jakarta Selatan, 28 Maret mendatang.

Co-Founder dan Chief Technology Officer Qlue, Andre Hutagalung menjelaskan kegiatan ini nantinya diawali dengan Deklarasi Menjadi Smart Citizen oleh 34 putra-putri terpilih dari tiap provinsi.

“Smart Citizen Day ini merupakan gerakan pertama di Indonesia dan di dunia yang nanti dicanangkan melalui deklarasi dari 34 putra-putri bangsa yang mewakili masing-masing provinsinya. Mereka yang kita pilih memang sudah terbukti banyak melakukan perubahan sosial melalui komunitas maupun perorangan, perubahan positif di daerahnya,” jelasnya dalam Konferensi Pers Smart Citizen Day untuk Mewujudkan Smart Nation di Press Room Kementerian Kominfo, Rabu (20/3).

Menurutnya, gerakan ini ingin menunjukkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam keberhasilan Kota Pintar. “ita harapkan masyarakat proaktif memberikan informasi apa masalah yang mereka hadapi di daerah. Partisipasi masyarakat dibutuhkan untuk bisa melakukan akselerasi untuk perubahan positif yang lebih cepat,” katanya.

Smart Citizen Day nantinya akan menghadirkan kisah inspiratif dari 19 pembicara kunci lintas sektor yang akan memberikan inspirasi. Sejak tahun 2016, Qlue bersama dengan pemerintah telah bekerja sama di berbagai sektor dalam penerapan konsep kota pintar pertama di Indonesia. Mulai dari sector sektor keamanan, kota mandiri, pemerintahan, dan penanggulangan pasca-bencana.

Dengan dukungan Kementerian Kominfo, solusi teknologi Qlue siap mendukung program 100 kota pintar Indonesia yang konsepnya telah diaplikasikan di berbagai kota, institusi, dan perusahaan.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan berada di tengah era besarnya arus informasi saat ini membuat masyarakat harus memiliki kemampuan menyaring informasi yang beredar.

“Kita saat ini memasuki era government 4.0, di mana masyarakat dan pemerintah bersatu menciptakan layanan yang memudahkan. Ini kenapa kita kerja sama dengan Qlue, co-creating. Kita harapkan Smart Citizen Day ini menjadi bagian dari proses membekali masyarakat dengan literasi dan kecerdasan baru di era digital ini,” terangnya.

Oleh karena itu penting bagi pemerintah untuk membekali masyarakat tentang pengetahuan di ruang siber. Tidak semua masyarakat punya keahlian untuk validasi. “Ini kesadaran yang harus dibangun, bahwa semua tidak bisa dipercaya kecuali orang yang menyajikan informasi bisa membangun trust, karena setiap orang bisa membuat konten apa saja,” tandasnya. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
30 Januari 2023 - 12:09
Netanyahu Permudah Israel untuk Tembak Orang Palestina

wartapenanews.com - Rencana Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk mempermudah warganya memperoleh senjata api mengingatkan kekhawatiran akan kekerasan terhadap warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur sejak

01
|
30 Januari 2023 - 11:06
Mobil Sebar Duit, Warga Jombang Berebut Ambil Uang

wartapenanews.com - Jalan yang ada di Dusun Watudakon, Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, mendadak heboh. Tampak sejumlah warga berdiri di pinggir jalan kampung, seperti menunggu kedatangan seseorang. Tidak menunggu

02
|
30 Januari 2023 - 10:06
Arema FC Pertimbangkan Bubarkan Diri karena Tak Diterima Pendukungnya Sendiri

wartapenanews.com -  Klub Arema FC nampak sudah gerah dengan beberapa penolakan dan aksi ricuh dari pendukungnya sendiri di Tanah Air. Akibatnya manajemen mempertimbangkan untuk membubarkan tim menyusul situasi yang tak

03