23 June 2024 - 16:15 16:15

Ahok Disarankan Jangan Langsung Terjun ke Politik

WartaPenaNews, Jakarta – Pasca bebasnya Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok, sejumlah pengamat politik dan akademisi berkomentar. Mantan gubernur DKI Jakarta ini dinilai tidak terlalu menguntungkan dalam politik saat ini. Tensi yang tinggi, serta pemilu yang sudah setengah jalan ini harus dilakukan dengan banyak pertimbangan.

Pengamat Politik Emrus Sihombing menyarankan agar Ahok jangan langsung terjun ke dunia politik. Bukan tanpa alasan. Di satu sisi, Ahok mempunyai pendukung setia yang disebut Ahokers. Tapi di sisi lain banyak juga masyarakat yang kontra kepada mantan Bupati Belitung tersebut.

“Jika Ahok masuk ke dalam salah satu parpol, ada kemungkinan dukungan kepada parpol terjadi penurunan. Karena ada sebagian masyarakat yang menolak keberadaan Ahok di partai tersebut. Ahok bisa berpolitik dengan cara lain. Tidak harus terjun ke parpol secara langsung,” ujar Emrus, Kamis (24/1).

Lebih lanjut Emrus menyarankan agar Ahok lebih berfokus mengangkat isu kebangsaan, kemanusiaan, ataupun ekonomi melalui lembaganya yakni Ahok Center ketimbang harus masuk ke parpol.

“Terlebih saat ini tensi politik sedang memanas. Bahkan saya yakin, kedua kubu piker-pikir jika ingin menggaet Ahok sebagai alat politik. Meskipun pemilu masih ada waktu beberapa waktu ke depan,” terangnya.

Di tempat terpisah, Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Zaki Mubarok mengatakan, hak semua orang untuk terjun ke dunia politik. “Tapi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, banyak pilihan yang bisa diambil. Tidak harus politik, bisa sebagai inspiratory, motivator dal lain sebagainya,” beber Zaki.

Lebih lanjut Zaki menilai, jika partai akan menimbang cost dan benefit jika mencatut Ahok ke dalam partai. Karena saat ini kontestasi pileg dan pilpres sudah setengah jalan. Zaki memprediksi jika belum ada partai yang ingin menjadikan Ahok sebagai alat politik. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
23 June 2024 - 09:25
Sharp Semarakan Jakarta Fair Kemayoran 2024 Hadirkan Promo Menarik

WARTAPENANEWS.COM – Sharp kembali ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024 yang akan berlangsung selama satu bulan penuh dari tanggal 12 Juni – 14 Juli 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Menempati area

01
|
22 June 2024 - 12:05
Kominfo Belum Bisa Pulihkan Usai 55 Jam Server PDN Eror

WARTAPENANEWS.COM –  Server Pusat Data Nasional (PDN) Kominfo masih mengalami gangguan hingga Sabtu (22/6) pukul 11.00 WIB. Gangguan server ini pertama kali diketahui pada Kamis (20/6) pukul 04.00 WIB yang

02
|
22 June 2024 - 11:16
Usai Pandemi, Bisnis Sepeda Lesu hingga Banting Harga

WARTAPENANEWS.COM – Bisnis sepeda usai era pandemi Covid-19 kini lesu. Seperti dialami toko-toko sepeda di berbagai penjuru AS yang menghadapi kesulitan setelah penjualan yang marak pada awal pandemi lalu. Menurut

03