28 February 2024 - 01:18 1:18

Ahok Disarankan Jangan Langsung Terjun ke Politik

WartaPenaNews, Jakarta – Pasca bebasnya Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok, sejumlah pengamat politik dan akademisi berkomentar. Mantan gubernur DKI Jakarta ini dinilai tidak terlalu menguntungkan dalam politik saat ini. Tensi yang tinggi, serta pemilu yang sudah setengah jalan ini harus dilakukan dengan banyak pertimbangan.

Pengamat Politik Emrus Sihombing menyarankan agar Ahok jangan langsung terjun ke dunia politik. Bukan tanpa alasan. Di satu sisi, Ahok mempunyai pendukung setia yang disebut Ahokers. Tapi di sisi lain banyak juga masyarakat yang kontra kepada mantan Bupati Belitung tersebut.

“Jika Ahok masuk ke dalam salah satu parpol, ada kemungkinan dukungan kepada parpol terjadi penurunan. Karena ada sebagian masyarakat yang menolak keberadaan Ahok di partai tersebut. Ahok bisa berpolitik dengan cara lain. Tidak harus terjun ke parpol secara langsung,” ujar Emrus, Kamis (24/1).

Lebih lanjut Emrus menyarankan agar Ahok lebih berfokus mengangkat isu kebangsaan, kemanusiaan, ataupun ekonomi melalui lembaganya yakni Ahok Center ketimbang harus masuk ke parpol.

“Terlebih saat ini tensi politik sedang memanas. Bahkan saya yakin, kedua kubu piker-pikir jika ingin menggaet Ahok sebagai alat politik. Meskipun pemilu masih ada waktu beberapa waktu ke depan,” terangnya.

Di tempat terpisah, Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Zaki Mubarok mengatakan, hak semua orang untuk terjun ke dunia politik. “Tapi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, banyak pilihan yang bisa diambil. Tidak harus politik, bisa sebagai inspiratory, motivator dal lain sebagainya,” beber Zaki.

Lebih lanjut Zaki menilai, jika partai akan menimbang cost dan benefit jika mencatut Ahok ke dalam partai. Karena saat ini kontestasi pileg dan pilpres sudah setengah jalan. Zaki memprediksi jika belum ada partai yang ingin menjadikan Ahok sebagai alat politik. (*/dbs)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03