9 May 2024 - 22:37 22:37

Aliansi Buruh dan Serikat Petani Demo di Patung Kuda Sambil Arak Hasil Panen

wartapenanews.com -  Aliansi Buruh dan Serikat Petani Indonesia (SPI) melakukan demonstrasi di sekitar Monas tepatnya di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9).

Sambil membawa orang-orangan sawah, hasil panen serta spanduk, unjuk rasa tersebut diikuti beberapa organisasi buruh hingga partai buruh.

Demo ini diikuti oleh sekitar 300 petani dan buruh. Mereka melakukan long march mulai pukul 10.00 WIB dari depan Balai Kota DKI Jakarta menuju Patung Kuda dengan mengibarkan bendera Partai Buruh dan SPI.

Sejumlah massa aksi juga sambil menunjukkan poster bertuliskan ‘Tanah untuk Petani’; ‘Suara Petani Suara Tuhan’, hingga poster tuntutan reforma agraria.

Dalam orasinya, para aliansi Buruh-Tani ini menyuarakan reforma agraria, kenaikan BBM hingga penolakan terhadap UU Cipta Kerja.

Demonstrasi yang dilakukan aliansi Buruh-Tani ini dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September 2022.

Sedianya, para pendemo akan melakukan orasi tuntutannya di Depan Istana Presiden, namun diadang kepolisian di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) Patung Kuda.

Merespons demo ini, kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan, pihaknya mengerahkan 1.700 personel untuk mengamankan unjuk rasa tersebut.

“Iya, ada 1.700 personel,” kata Komaruddin lewat pesan singkatnya.

Komaruddin berharap para peserta unjuk rasa dapat menjaga ketertiban dalam menjalankan aksinya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
9 May 2024 - 16:32
Helm Keramat Berusia 2.500 Tahun Ditemukan

WARTAPENANEWS.COM – Helm logam berusia 2.500 ditemukan di situs arkeologi Gomile, Kroasia. Meski ditaksir sudah berumur ribuan tahun, kondisi helm itu masih sangat bagus. Melansir Live Science, Kamis (9/5/2024), para

01
|
9 May 2024 - 16:15
Ilmuwan China Menciptakan Virus Mutan Ebola

WARTAPENANEWS.COM – Ilmuwan China telah merekayasa virus mengandung Ebola di laboratorium. Hasilnya, virus tersebut bisa menimbulkan gejala mengerikan saat menginfeksi dan membunuh hamster. Virus mutan Ebola ini diciptakan oleh para

02
|
9 May 2024 - 15:39
Usai Pesta Miras, Pemuda di Bogor Tusuk Emak-emak

WARTAPENANEWS.COM – Polisi telah menaikkan status hukum pemuda berinisial T yang melakukan penusukan kepada emak-emak di Kota Bogor. Kini, T sudah ditetapkan polisi sebagai tersangka. "Sudah dinaikan menjadi tersangka," kata

03