19 May 2024 - 20:53 20:53

Apakah Makan Pisang Saat Perut Kosong Baik Bagi Kesehatan?

WartaPenaNews, Jakarta - Buah pisang adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi makan pisang saat perut kosong masih diperdebatkan.

Tidak sedikit dari kita yang sarapan dengan memakan buah pisang, baik utuh maupun ditambahkan dengan sumber sarapan lainnya. Kandungan nutrisi di dalamnya bisa membuat jantung sehat dan mengurangi kelelahan. Menjaga tekanan darah, mengurangi depresi, sembelit, mulas dan maag.

Zat besi yang terkandung di dalamnya juga membantu merangsang produksi hemoglobindan, sehingga membantu menyembuhkan anemia. Meski menjadi sumber yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, apakah makan pisang saat perut kosong baik?

Dikutip dari NDTV, Dr. Shilpa Arora, Ahli Gizi menyebutkan jika pisang adalah sumber potasium, serat dan magnesium. Jadi manfaat buah pisang tidak diragukan lagi. Kandungan gula dalam pisang jadi sumber energi yang cepat, untuk melakukan berbagai aktivitas pada hari itu.

Namun berdasarkan penelitian, pisang bukanlah pilihan yang baik untuk dimakan saat perut kosong. Beberapa alasannya antara lain:

Kandungan gula alami yang tinggi dalam pisang yang meningkatkan energi juga bisa membuat Anda merasa lelah setelah beberapa jam.

Pisang membuat kenyang untuk sementara waktu sehingga Anda mengantuk dan lelah.
Pisang bersifat asam, karenanya, dapat menyebabkan masalah usus jika dikonsumsi dengan perut kosong.

Namun jika ingin makan pisang untuk sarapan, lebih baik menambahkan buah kering, apel dan buah-buahan lainnya. Kandungan magnesium yang tinggi dapat menyebabkan ketidakseimbangan antara kalsium dan magnesium dalam darah, yang selanjutnya dapat berdampak buruk pada sistem kardiovaskular.

Menurut Ayurveda atau pengobatan tradisional India, seseorang harus menghindari mengonsumsi buah-buahan di pagi hari saat perut kosong. Secara teknis, tidak hanya pisang, tetapi buah-buahan harus dihindari.

Tapi jika ingin konsumsi buah-buahan saat perut kosong, lebih baik mencampurkannya dengan makanan lain. Jadi tidak apa-apa mengonsumsi pisang di pagi hari, tetapi dengan menggabungkannya dengan makanan lain. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03