20 April 2024 - 05:53 5:53

Argumen Penutup Debat Perdana Pilpres Tanpa Apresiasi

WartaPenaNews, Jakarta – Sesi perdana debat kandidat pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berakhir tanpa statemen apresiasi. Kedua pasangan calon, lebih mengutamakan argumen penutup untuk meyakinkan publik, bahwa keduanya siap memimpin bangsa ini lima tahun kedepan.

Ya, debat yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, berakhir pukul 22.30 WIB, tadi malam (17/1) tanpa closing statemen positif menilai pasangan lawan, yang diharapkan dari pemandu debat. Padahal Ira Kusno sebagai pemandu debat, sudah menyampaikan hal ini. “Jadi kelihatan fair Mam (Imam Priono, red) karena sama-sama tidak ada penilaian apresiasi dari kedua pasangan calon,” tandas mantan reporter itu.

Ditambahkan Ira, masih ada empat sesi debat lagi. “Semoga ini membantu pilihan rasional. Tetap menghormati perbedaan. Jangan sampai mencabik-cabik perbedaan. Gunakan hak pilih Anda, karena Indonesia adalah rumah kita,” timpalnya.

Sementara, Imam Priono, yang juga mendapat kesempatan menjadi pemandu debat, menyampaikan pesan dari seorang rekan yang telah berpulang. “Ada pesan dari rekan yang sudah berpulang. Media sosial adalah jendela. Maka bijaklah, dalam mengunakan jari-jari Anda,” tukas Imam mengakhiri sesi perdana debat tersebut.

Seperti diketahui dalam pernyataan penutupnya, Capres 01 Joko Widodo menegaskan, dirinya dan Cawapres Ma’ruf Amin telah memahami keinginan bangsa ini. Dirinya meyakinkan publik dengan rekam jejak yang dimiliki.

“Kami tahu keinginan bangsa ini. Kami tidak memiliki potongan diktator, kami tidak memiliki rekam jejak melakukan kekerasan dan korupsi. Reputasi dan jabatan kita pertaruhkan, untuk perbaikan bangsa. Kami ingin bekerja!,” tegas pria kelahiran Surakarta, 21 Juni 1961 itu.

Sementara dalam clossing statemennya, Prabowo menegaskan, pentingnya kepastian hukum, penegakan hukum, institusi-institusi hukum termasuk rasio pendapatan bangsa.

“Terutama jaksa dan hakim adalah prasayarat. Jika mendapat mandat ini, yang akan kami perkuat. Kami tidak akan cari kesalahan kecil-kecil. Kami ingin menyelesaikan permasalah. Terutama dari kebocoran-kebocoran kekayaan negara karena elite. Ini karena kesalahan masa lalu,” terangnya.

Di pertengahan debat, Jokowi sempat menyinggung kasus Ratna Sarumpaet. Awalnya, Jokowi menjawab pertanyaan soal penegakan hukum yang dikaitkan dengan hak asasi manusia.

Jokowi mengatakan, penindakan hukum sesuai prosedur bukan pelanggaran HAM. Penegakan hukum dilakukan untuk melindungi masyarakat. “Jika ada pelanggaran hukum yang melanggar prosedur, silahkan ada mekanisme yang bisa ditempuh lewat praperadilan, misalnya,” kata Jokowi.

Setelah itu, calon presiden Prabowo Subianto diberi kesempatan menanggapi. Prabowo mengatakan, masyarakat merasakan adanya penegakan hukum yang berat sebelah. Prabowo memberi contoh, ada kepala daerah yang menyatakan dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin, namun tidak mengalami permasalahan. “Tapi ada kepala desa di Jawa Timur menyatakan dukungan kepada kami, tapi sekarang ditahan, ditangkap,” kata Prabowo.

Jadi, lanjut Prabowo hal ini perlakuan tidak adil. “Saya rasa pelanggaran HAM. Penyampaian pendapat dijamin UUD. Siapapun boleh menyatakan pendapat dukungan siapapun,” tegasnya Prabowo.

Jokowi tidak terima dengan pernyataan Prabowo tersebut. “Jangan menuduh seperti itu, Pak Prabowo, jawab Jokowi. Ia menegaskan, Indonesia adalah negara hukum. Jika ada bukti seperti yang disampaikan Prabowo, maka sebaiknya disampaikan ke penegak hukum,” tambah Jokowi.

Jokowi kemudian memberi contoh kasus. Namun, ia tidak secara gamblang menyebut kasus hoaks penganiayaan yang dialami Ratna Sarumpaet.

“Kita ini sering grusa grusu menyampaikan sesuatu. Misalnya, jurkamnya pak Prabowo, misalnya ini, katanya dianiaya, mukanya babak belur. Kemudian konfrensi pers bersama-sama,” kata Jokowi.

“Tapi kemudian apa yang terjadi? Ternyata operasi plastik. Ini negara hukum, kalau ada bukti-bukti silahkan lewat mekanisme hukum, laporkan dengan bukti-bukti, gampang sekali. Kenapa harus menuduh-nuduh seperti itu,” timpal Jokowi disambut aplaus.

Tak mau kalah dengan Jokowu, Prabowo Subianto juga melempar beberapa hal. Ia menyinggung kesejahteraan gubernur di Indonesia yang tidak sebanding dengan luas wilayah yang ditanganinya.

Dalam pernyataannya tersebut, Prabowo juga menyebutkan bahwa luas wilayah Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia. Padahal, gaji yang didapat terbilang kecil.

“Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar,” tanda Prabowo.

Meski demikian ada beberapa hal menarik dan akan menjadi kontroversi di jagat media. Ini terkait dengan pernyataan Prabowo yang menyebut Jawa Tengah sama luasnya dengan Malaysia.

Lalu benarkah pernyataan Prabowo tersebut? (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03