27 April 2024 - 20:06 20:06

Ayo… ke Indonesia Science Day

WartaPenaNews, Jakarta – Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum familiar dengan Iptek. Walau diminati, Iptek masih dianggap sulit karena rasa tidak percaya diri.

Padahal minat yang besar terhadap Iptek dan Inovasi dalam penemuan dan hasil karya, menjadi daya saing bangsa ke depannya, yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ajang publikasi hasil penelitian dan inovasi hadir kembali tanggal 25 – 28 April 2019, di Gedung PP-IPTEK, berlokasi di dalam Taman Mini Indonesia Indah.

ISD 2019 dibuka oleh Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe mewakili Menristekdikti, bersama Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi, Soetanto Soehodho, yang sekaligus meresmikan 2 wahana baru di PP-IPTEK, Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital World.

Acara pembukaan juga dihadiri berbagai pimpinan instansi, perguruan tinggi, sekolah, serta instansi lain yang telah berkontribusi pada pengembangan pendidikan Iptek generasi muda khususnya di galeri PP-IPTEK.

Sempatkan mengunjungi Wahana Inovasi, salah satu wahana peragaan sains di PP-IPTEK, dimana dikumpulkan hasil-hasil produk inovasi teknologi terbaik karya anak bangsa Indonesia.

Generasi muda dan masyarakat yang ingin menambah wawasan pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi kreasi anak negeri disarankan untuk ke sini!

Wahana Digital World merupakan wahana bermain sambil belajar yang menyediakan alat peraga interaktif mengenai teknologi berbasis digital.

Nah, di sini pengunjung bisa mengeksplorasi Iptek di bidang komputer, informasi, sistem informasi, serta aplikasinya.

Perkembangan digital yang teramat pesat, mampu mengubah peradaban manusia menuju dunia tanpa batas, di mana semua aspek kehidupan manusia akan selalu bergantung kepada teknologi digital.

“Wahana baru yang diresmikan menambah koleksi alat peraga yang diharapkan dapat memberi dampak jumlah pengunjung, serta menambah keragaman wahana serta mengikuti perkembangan sains dan teknologi masa kini yang serba digital,” ujar Direktur PP-IPTEK, M.Syachrial Annas.

Peserta ISD 2019 yang terdiri dari 24 Instansi, 54 Perguruan Tinggi, dan 6 Sekolah Menengah Atas yang menggelar karya inovasi teknologi yang dikemas dengan konsep edutainment, menghibur, dan dapat menginspirasi generasi muda dalam memajukan sains dan teknologi di Indonesia.

Agenda acara menarik yang tidak boleh dilewatkan, science interactive spesial seperti Science Show, Sanggar Kerja Sains, Demonstrasi Roket Air, Demonstrasi Sains, Peneropongan Matahari, Puppet Show yang merupakan program sains reguler PP-IPTEK, dapat disaksikan dan dipraktekkan langsung oleh pengunjung selama kegiatan ISD 2019 berlangsung.

Agenda Workshop Kreatif

Agar lebih afdol ketika berkunjung ke ISG, Anda wajib mengikuti berbagai talkshow dan workshop yang diberikan oleh pakar. Yang membahas berbagai aspek, termasuk mengajarkan Anda untuk berbisnis. Agenda di bawah ini hanya sebagian, yang kami pilihkan berdasarkan kepopuleran serta keunikannya.

Hari ke dua, Jum,at 26 April

Talkshow :

Permodelan Matematika dan Sains pada Fenomena Sehari-hari dan Pemanfaatannya dalam Era Industry 4.0 untuk Prediksi oleh ITB

Workshop Pembelajaran Listrik Rumah Tangga oleh Universitas Pendidikan Indonesia

Talkshow “Sudah Darurat! Ayo Kurangi Sampahmu!” Dan workshop ” Kelas Kreativitas : Mencari Ide untuk Produk Lebih Ramah Lingkungan” oleh NAVAKARA

Talkshow Atlas Indonesia dari Badan Informasi Geospasial

Workshop Plastik Iradiasi Biodegradable dari Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Hari ke 3, Sabtu 27 April

Workshop Satelit A2 dari LAPAN

Workshop Kamera Lubang Jarum dari Komunitas Kamera Lubang Jarum Indonesia
Workshop How to Doodle on Shirt dari Tukang Doodle
Workshop Hidroponik dan Penemu Cilik dari PP- IPTEK.
Serta banyak lagi agenda menarik lainnya. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03