20 May 2024 - 05:28 5:28

Bawaslu Ngaku KPU Persulit Mereka Mengakses ‘Silon’

Kantor Bawaslu

IPOL.ID – Sistem Informasi Pencalonan (Silon) menjadi perhatian Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mereka mengaku masih kesulitan mengakses Silon milik Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bawaslu kesulitan mengakses Silon sejak awal kegiatan pendaftaran calon legislatif (caleg). Selain itu, Bawaslu juga hanya diberikan waktu 15 menit oleh KPU dalam melakukan pengawasan di Silon.

Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja, menekankan, berdasarkan laporan dari Bawaslu di lapangan, KPU hanya memberikan jenjang waktu 15 menit kepada Bawaslu untuk melakukan pengawasan terhadap Silon.

Di samping itu, yang terjadi di lapangan KPU juga tidak memperbolehkan jajaran Bawaslu untuk mendokumentasikan data para caleg yang mendaftar melalui Silon.

“Aksesnya 15 menit masuk, 15 menit keluar, sama kaya Parpol. Jadi pertanyaannya (kepada KPU) bagaimana kita awasi proses Silon? Anda boleh melihat tapi tidak boleh memfoto. Nah kalau ada indikasi ijazah palsu, cuma lihat begitu doang nanti gimana alat bukti yang mau disampaikan,” kata Bagja kepada wartawan, Senin (12/6).

Dia menjelaskan, dengan tidak diperbolehkan untuk mendokumentasikan data yang terdapat didalam Silon tersebut. Secara langsung, kata dia KPU telah menyulitkan kerja Bawaslu dalam melakukan pengawasan melekat terkait rangkaian agenda kegiatan pendaftaran caleg di Pemilu 2024.

“Ini sama halnya KPU mempersulit dan membatasi kerja Bawaslu dalam rangka melakukan upaya pengawasan terhadap agenda kegiatan pendaftaran caleg di Pileg 2024,” tutupnya. (Sofian)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03