27 April 2024 - 08:55 8:55

BNI Syariah Raih Tiga Penghargaan Environmental, Social and Governance (ESG) Awards 2020 

WartaPenaNews, Jakarta – Tiga penghargaan yang diterima BNI Syariah adalah kategori pengungkapan sosial bank BUKU III terbaik tahun 2019; kategori pengungkapan environmental bank BUKU III terbaik tahun 2019; dan kategori pengungkapan ESG bank BUKU III terbaik tahun 2019

Penghargaan ini dilatarbelakangi pandemi COVID-19 yang tidak hanya mempengaruhi aktivitas ekonomi, namun juga aspek Environmental, Social and Governance (ESG). Beberapa aspek yang terpengaruh diantaranya adalah kesehatan, keselamatan, produktivitas tenaga kerja, dan pengawasan serta gangguan operasional.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengucapkan terima kasih kepada BeritaSatu Media Group atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan. “BNI Syariah senantiasa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan hidup ditunjukkan dengan aktifnya BNI Syariah dalam kegiatan CSR yang mengedepankan nilai-nilai hasanah yang merupakan kunci keberlanjutan dan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi masyarakat, pemangku kepentingan dan lingkungan hidup,” kata Abdullah Firman Wibowo.

Dukungan terhadap pembangunan berkelanjutan diwujudkan BNI Syariah dalam menjalankan usaha, yang berorientasi pada masa depan. Semangat ini menjiwai seluruh aspek kerja perusahaan, baik aspek ekonomi, lingkungan maupun sosial.

Pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan di bidang sosial dan kemasyarakatan dilakukan melalui sinergi antara Yayasan Hasanah Titik (YHT) dengan BNI Syariah. YHT dan BNI Syariah telah menjalankan program pengembangan sosial berkelanjutan sesuai dengan pilar program pengembangan sosial yang telah ditetapkan.

Dalam menyusun dan menjalankan program kerjanya, Yayasan Hasanah Titik berlandaskan pada 5 prinsip utama, yaitu Maqosid Syariah, Pengelolaan Zakat, Creating Shared Value, Sustainable Livelihood dan Sustainable Development Goal’s. Agar lebih fokus dalam menjalankan kegiatannya, Yayasan Hasanah Titik bersama BNI Syariah telah menetapkan program pemberdayan masyarakat dalam kerangka 5 (lima) bidang, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, Sosial Kemanusiaan dan Dakwah.

Dari sisi Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance), BNI Syariah terus berkomitmen untuk menerapkan GCG dalam menjalankan usaha. Komitmen itu diambil karena BNI Syariah meyakini bahwa tata kelola perusahaan yang baik memegang peranan yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

Melalui penerapan GCG, BNI Syariah akan mempunyai kekuatan dan kemampuan dalam menciptakan pertumbuhan dan meningkatkan kinerja untuk mewujudkan target bisnis yang telah ditetapkan. Dengan semakin sempurnanya penerapan prinsip GCG, maka kinerja BNI Syariah niscaya semakin baik, mampu menjawab tantangan zaman, serta akan terus berkembang dan berkelanjutan.

Sampai Oktober 2020 total penyaluran dana zakat perusahaan BNI Syariah sebesar Rp9,6 miliar dengan mayoritas 63% disalurkan untuk bidang sosial kemanusiaan dan 12% untuk bidang kesehatan dan lingkungan.

Dalam penilaiannya, BeritaSatu Media Group bekerjasama dengan Bumi Global Karbon yang merupakan anggota dari Global Reporting Initiative (GRI) menggunakan metodologi gabungan 33 faktor berdasarkan faktor ESG diantaranya pasar modal terkemuka, studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan yang juga telah melalui proses assurance oleh Tuv Rheinland. Evaluasi terhadap pengungkapan ESG dilakukan untuk mengukur sejauh mana transparansi ESG telah dicapai perusahaan dan langkah apa yang dapat dipraktikkan untuk meningkatkan pencapaian pengungkapan ESG. (cim)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03