3 Februari 2023 - 14:00 14:00

BPHN Lakukan Pembinaan Masyarakat Sadar Hukum di Kelurahan Cililitan

WartaPenaNews, Jakarta – Penyuluh Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) hari Jumat (4/1/2019) lalu, melaksanakan kegiatan pembinaan Masyarakat Sadar hukum kepada warga di wilayah Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur.

Materi yang disampaikan berjudul Anti Korupsi, Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Bantuan Hukum Gratis Untuk Masyarakat Miskin. Penyuluh Hukum yang bertugas saat itu terdiri dari Penyuluh Hukum Ahli Madya Yuliawiranti SH.,CN.,MH., dan Penyuluh Hukum Ahli Muda Mursalim, SH dan Leny Ferina, SH.

Menurut Yuliawiranti, bersikap jujur haruslah ditanamkan semenjak dini kepada anak-anak agar mereka menjadi terbiasa dan bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari. “Karena bersikap jujur merupakan nilai dasar dalam sikap anti korupsi,” ungkap Yuliawiranti dalam siaran persnya yang diterima redaksi, Jumat (11/1/2019).

Menurutnya, sikap jujur perlu di implementasikan oleh orang tua, sehingga anak-anak di rumah memiliki contoh nyata dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Penyuluh Hukum lainnya, Mursalim mengatakan sangat penting untuk adanya perlindungan bagi saksi dan korban KDRT agar hak-hak mereka terlindungi secara menyeluruh sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang PKDRT No.23 Tahun 2004. “Jadi kalau ada aktivitas KDRT di lingkungan kita, jangan takut untuk menyuarakan hal tersebut,” tegas Mursalim. Selain ada perlindungan hukum, juga ada pendampingan hukum yang dilakukan oleh Organisasi Bantuan Hukum.

Dalam hal ini, Leny Ferina menyatakan jikalau di wilayah Kelurahan Cililitan ada yang memiliki masalah hukum, namun tidak memiliki biaya untuk menyewa pengacara, sekarang tidak perlu takut.

‘’Masyarakat yang tidak mampu bisa mendapatkan bantuan hukum secara gratis kalau mereka mempunyai masalah hukum apapun, hanya dengan menunjukan surat keterangan tidak mampu (SKTM) atau keterangan lainnya yang menunjukan kalau pemohon itu tidak mampu secara ekonomi’’. Hal itu, lanjutnya, sesuai dengan Undang-Undang Bantuan Hukum No.11 tahun 2016.

Leny juga menyampaikan kalau ada permasalahan hukum apapun yang dihadapi oleh masyarakat, bisa datang untuk berkonsultasi gratis ke Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum di BPHN atau melalui online di laman lsc.bphn.go.id, tutup Leny. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03