25 May 2024 - 20:28 20:28

Bukit Asam & Pelindo 1 Juara Anugerah BUMN 2019

Bukit Asam & Pelindo 1 Juara  Anugerah BUMN 2019

WartaPenaNews, Jakarta- Ajang Anugerah BUMN 2019 yang diselenggarakan oleh BUMN Track kembali di gelar. Berbeda dari tahun sebelumnya tahun ini, kategori pemenang dibagi atas dua kategori utama, yakni pemenang Big Corporate sebagai perusahaan dengan revenue di atas Rp 3 triliun dan Emerging Corporate yakni perusahaan dengan revenue di bawah Rp 3 trilun. Dengan kara lain penilaian pemenang pada tahun ini tidak lagi memisahkan kategori BUMN dan Anak Perusahaan BUMN, maupun BUMN Tbk dan Non Tbk,, melainkan, kategori pemenang hanya dibagi atas dua kategori utama tersebut.

Demikian dikatakan oleh Ketua Dewan Juri Anugerah BUMN 2019 Tanri Abeng. “Kita tidak lagi membagi menjadi empat kategori itu. Karena sesungguhnya semua perusahaan menjalankan tugas sebagai bisnis, jadi kita melihat bagaimana masing-masing entitas BUMN mengoperasionalkan bisnisnya sehingga tetap tumbuh dan berkembang. Itu yang kita nilai,” ungkap Tanri Abeng pada malam puncak penganugerahan yang berlangsung di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (28/3), sekaligus diluncurkannya buku ‘A Tribute To Tanri Abeng: Begawan Manajemen Indonesia’ oleh BUMN Track.

Kali ini Anugerah BUMN 2019 memutuskan PT Bukit Asam menjadi “Best Overall Big Corporate” dan PT Pelindo 1 sebagai “Best Overall Emerging Corporate”. Para dewan juri sepakat, keduanya dinilai memiliki kinerja gemilang yang mengungguli peserta lainnya.

Pada kategori CEO Big Corporate Terbaik, nama Arviyan Arifin yang menjabat sebagai Direktur Utama PT Bukit Asam terpilih sebagai pemenang kategori Visioner. Selanjutnya, pemenang CEO Strategic Orientation diraih oleh Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, CEO Driving Executor diraih Faik Fahmi sang nahkoda PT Angkasa Pura I, CEO Talent Development diraih Yanuar Budinorman Direktur Utama PT Rekayasa Industri,sertaCEO Stakeholders Relationship terbaik jatuh ke tangan Maryono Direktur Utama BTN.

Sementara itu, CEO Emerging Corporate Terbaik kategori Visioner diraih oleh M. Kuncoro Wibowo Direktur Utama PT BGR Logistics, CEO Strategic Orientation diraih Dwi Satriyo Annurogo Direktur Utama PTPN X, CEO Driving Execution diraih Bambang Eka Cahyana selaku Direktur Utama Pelindo 1, CEO Talent Development diserahkan kepada Farid Padang yang menjabat sebagai Direktur Utama Pelindo 4, dan CEO Stakeholders Relationship diraih Budi Noviantoro Direktur Utama PT INKA.

Dewan juri menilai, para pemenang kategori CEO merupakan pemimpin yang mampu memperkuat kinerja korporasi melalui keahlian leadership yang tinggi, mampu mengelola SDM yang kompetitif dan berdaya saing di kancah global, sekaligus mendorong pencapaian kinerja keuangan yang unggul di tengah dinamika situasi ekonomi nasional maupun global.

Pemimpin Redaksi BUMN Track Akhmad Kusaeni mengatakan, menyimak secara langsung paparan presentasi para CEO membuat pikiran buruk tentang BUMN akibat akumulasi pemberitaan negatif di media dan media sosial, tidak sepenuhnya benar. “Ternyata tuduhan bahwa BUMN berdarah-darah, utangnya kian menumpuk, tidaklah benar. Laba bersih BUMN tahun 2018 menembus Rp188 triliun sedangkan total pendapatan mencapai Rp2.339 triliun. Realisasi itu naik 10,45 persen dari Rp2.027 triliun tahun sebelumnya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak optimis,” ungkap Akhmad Kusaeni.

Didukung oleh para tokoh dewan juri dari beragam profesi yang dikenal luas kredibilitas dan kompetensinya, serta diperkuat dengan kualitas tim riset dan penilaian dari PPM Manajemen, menjadikan ajang Anugerah BUMN memiliki bobot dan integritas yang teruji. Untuk menjaring pemenang, para peserta harus melalui tiga tahapan proses seleksi. Diawali seleksi kuesioner, dilanjutkan dengan wawancara pendalaman materi kuesioner di hadapan Dewan Juri dan berakhir dengan proses wawancara CEO. Dari 90 peserta, sebanyak 30 BUMN kategori Big Corporatedan 45 BUMN Emerging Corporatemengikuti tahap final penjurian. (Olf)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03