19 May 2024 - 22:57 22:57

ByteDance Batal Jual TikTok di AS

WartaPenaNews, Jakarta – Untuk mengamankan bisnis TikTok di AS, ByteDance menunjuk Oracle sebagai partner dalam kesepakatan kemitraan terbaru.

Karena hal itu, wacana penjualan langsung bisnis TikTok di AS pun batal; begitu pula dengan rencana Microsoft untuk mengambil alih aplikasi video pendek tersebut dari tangan ByteDance.

“(Kemitraan dengan TikTok) merupakan bagian dari proposal yang ByteDance ajukan ke Departemen Keuangan AS, di mana kami akan berperan sebagai penyedia teknologi terpercaya TikTok,” kata pihak Oracle, seperti dikutip Reuters.

Dalam proposal terbaru ByteDance, Oracle akan mengambil alih pengelolaan data milik 100 juta pengguna TikTok di AS. Saat ini, data pengguna TikTok AS tersimpan di cloud Alphabet Inc, dengan cadangan di Singapura.

Sumber yang sama mengatakan bahwa Oracle juga sedang bernegosiasi untuk mengambil saham dalam operasional TikTok di AS.

Sejumlah investor top ByteDance, termasuk General Atlantic dan Sequoia, juga akan mendapatkan saham minoritas dalam operasional bisnis itu–menurut salah satu sumber yang meminta namanya dirahasiakan.

Belum diketahui apakah Presiden AS Donald Trump, yang menginginkan perusahaan lokal untuk memiliki sebagian besar TikTok di AS, akan menyetujui kesepakatan itu. Komite Investasi Asing di AS (CFIUS), yang meninjau kesepakatan untuk risiko keamanan nasional, mengawasi pembicaraan antara ByteDance dan Oracle.

“Perlindungan data pengguna dan jaminan seputar bagaimana algoritma perusahaan mendorong konten ke pengguna AS adalah komponen penting dari solusi substantif, tetapi apakah mereka dapat mengubah hasil politik adalah pertanyaan yang jauh lebih sulit,” kata pengacara di sektor regulasi, John Kabealo, yang tidak terlibat dalam pembicaraan.

ByteDance dan Oracle tidak menanggapi permintaan komentar Reuters, sementara Gedung Putih juga menolak berkomentar. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03