18 May 2024 - 19:47 19:47

Cara Mudah Hilangkan Kristal Asam Urat yang Menyakitkan di Sendi

WartaPenaNews, Jakarta – Jika Anda pernah didiagnosis gout atau asam urat, mungkin bertanya-tanya, bisakah penyakit ini dihilangkan? Asam urat bisa menjadi kondisi yang sangat menyakitkan. Artritis inflamasi umum yang memengaruhi sendi, paling sering pada jempol kaki.

Asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh. Dengan perawatan yang tepat, Anda mungkin dapat mengurangi jumlah kristal asam urat di persendian. Namun, terkadang kristal ini dapat mengganggu kehidupan Anda sehari-hari.

Pengangkatan kristal asam urat mungkin diperlukan. Jika Anda mungkin memerlukan perawatan seperti steroid, debridemen atau operasi pengangkatan total. Tetapi sebelum melakukannya, Anda bisa melakukan beberapa perubahan seperti berikut ini

Apa itu kristal asam urat?
Dikutip ikutrame.com dari Very Well Mind, kristal asam urat adalah massa kristal monosodium urat yang mengendap di sekitar sendi. Ini biasanya terjadi seiring waktu setelah beberapa serangan asam urat. Di tangan, mereka terlihat seperti gumpalan bulat yang menempel pada persendian.

Anda mungkin tidak mengalami banyak rasa sakit pada awalnya, tetapi kristal tersebut jika tidak ditangani, dapat terus berkembang hingga sulit untuk menjalankan fungsi sehari-hari. Jika tidak diobati dapat menyebabkan ketidakstabilan sendi dan membatasi jangkauan gerak. Kristal ini juga dapat menyebabkan erosi tulang dan komplikasi seperti ulserasi dan infeksi.

Bagaimana kristal asam urat berkembang?
Biasanya, tubuh Anda memproses purin dari makanan seperti daging merah, kacang-kacangan kering, dan alkohol. Dan asam urat yang dihasilkan dari penguraian larut dalam darah. Asam urat kemudian melewati ginjal dan keluar dari tubuh melalui urin.

Asam urat dapat menumpuk di dalam tubuh dan membentuk kristal seperti jarum yang mengendap di persendian dan menyebabkan rasa sakit. Kristal ini disebut asam urat atau kristal asam urat.

Meskipun diagnosis dini adalah kunci untuk memulai rencana pengobatan yang tepat, perubahan gaya hidup perlu dilakukan.

Bagaimana menghilangkan kristal asam urat?
Kristal asam urat adalah manifestasi dari tingkat tinggi asam urat dalam darah yang tidak diobati dalam jangka panjang, atau hiperurisemia. Mengobatinya membutuhkan rencana yang komprehensif. Dokter mungkin meresepkan obat dan juga akan berbicara tentang modifikasi gaya hidup

Makan makanan yang sehat, menurunkan berat badan, membatasi alkohol, dan menyesuaikan pola makan harus dilakukan. Dokter Anda mungkin juga meresepkan terapi untuk menurunkan jumlah asam urat dalam darah. Dan biasanya menggunakan obat-obatan seperti allopurinol, febuxostat dan pegloticase.

Tujuan pengobatan adalah untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup. Tetap aktif dan mencari panduan tentang jenis aktivitas yang terbaik untuk Anda dan persendian, juga dapat membantu Anda hidup dengan baik dengan asam urat.

Jika Anda memiliki ukuran kristal asam urat yang tidak mengecil dan terus menyebabkan rasa sakit, pembedahan mungkin perlu dilakukan.

Kapan pembedahan diperlukan?
Ada beberapa kasus ketika operasi untuk pengangatan kristal asam urat diperlukan.

Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk gangguan fungsi, kompresi saraf, infeksi, ketidakstabilan sendi, nyeri yang signifikan, dan ulserasi kulit. Ulcerated gout tophi rentan terhadap infeksi. Pembedahan dipertimbangkan bila terjadi sepsis atau infeksi

Jika terjadi deformasi atau ketidakmampuan untuk menggerakkan sendi dengan benar, intervensi bedah tidak bisa terhindarkan. Paling umum harus menjalani operasi ketika masalah mekanis diakibatkan oleh kristal asam urat. Terkadang, pembedahan dapat diindikasikan untuk nyeri yang tidak tertahankan lagi. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03