27 February 2024 - 14:00 14:00

Diduga Karena Sambaran Petir, Gunung Panderman Dilanda Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM –  Kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) melanda lereng Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, tepatnya di Petak 227 RPH Oro-Oro Ombo.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Satrio Nurseno, mengatakan kebakaran itu terjadi pada Selasa (21/11) kemarin sekitar pukul 16.03 WIB. Namun, hingga kini api belum bisa dipadamkan.

“Api masih belum dapat di padamkan,” ujar Satrio pada Rabu (22/11).

Satrio menerangkan, penyebab kebakaran diduga karena petir yang menyambar mengenai pohon di hutan.

“Penyebab kebakaran dikarenakan sambaran petir yang mengenai pohon dan merembet ke alang-alang. Titik kebakaran jauh dari pemukiman warga,” terangnya.

Alasan api belum bisa dipadamkan karena kondisi medan yang curam sehingga petugas harus melanjutkan pemadaman hingga hari ini.

“Titik lokasi sangat sulit di jangkau,” ucapnya.

Dia menjelaskan, saat ini petugas gabungan BPBD Kota Batu, Perhutani dan lainnya masih terus melakukan pemadaman.

“Agen Bencana Provinsi Jatim, BPBD Kota Batu beserta tim gabungan melakukan pemadaman secara manual dan pembuatan sekat bakar,” jelasnya.

Untuk luasan lahan yang terbakar masih belum diketahui. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03