27 April 2024 - 03:07 3:07

Direksi ASTRA Tol Tangerang-Merak Kunjungi Kampung Berseri Astra Desa Talagasari Balaraja

WartaPenaNews, Jakarta – Jajaran Direksi PT Marga Mandalasakti (ASTRA Tol Tangerang-Merak) melakukan kunjungan ke desa binaan program Kampung Berseri Astra (KBA) di Desa Talagasari Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang, Banten (18/10). Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung kegiatan KBA yang telah dilakukan pembinaan sejak peresmian 17 Desember 2018 lalu.

Hadir dalam kunjungan ini, Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti; Kris Ade Sudiyono beserta jajaran Direksi disambut oleh Camat Balaraja dan perwakilan Kepala Desa Talagasari serta para pemuda Karang Taruna dan masyarakat penggiat Desa Talagasari di Rumah Pintar (Rumpin) ASTRA.

KBA merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan ASTRA yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Sebelum melakukan pengembangan binaan pada Desa Talagasari, ASTRA telah mendirikan Rumah Pintar ASTRA pada 2013 yang juga berlokasi di Desa Talagasari.

Hingga kini Rumpin ASTRA telah banyak melakukan aktivitas sentra yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, terdiri atas Sentra Baca, Sentra Bermain, Sentra Audio Visual, Sentra Komputer dan Sentra Kriya.

Pembinaan pada KBA pada Desa Talagasari dilakukan melalui program pemberdayaan masyarakat meliputi 4 pillar yaitu, Pilar Pendidikan berupa Rumah Pintar, Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pillar Kewirausahaan dengan menghasilkan produk kreasi pemanfaatan barang bekas berdaya jual, Pillar Lingkungan berupa menerapkan Rumah Berseri sebagai ketahanan masyarakat untuk tumbuh berwawasan lingkungan, hingga kini telah ada 23 rumah yang menghasilkan tanaman dan panen sayur untuk kebutuhan sendiri, juga bank sampah serta Pillar Kesehatan melalui pembinaan Posyandu yang melibatkan para kader dan bidan desa.

Dalam kesempatan ini, Direksi melihat langsung hasil produksi dari pembinaan yang dipamerkan pada stan-stan di Rumpin ASTRA, seperti Stan 4 pillar hasil binaan juga stan Sentra Kriya yang memamerkan produk kreasi olahan barang bekas kerajinan tangan para Ibu-ibu masyarakat setempat.

Selain di Rumpin, para Direksi juga melakukan peninjauan langsung ke lokasi-lokasi aktivitas pembinaan, di antaranya Rumah Berseri dan Bank Sampah. Aktivitas bank sampah mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat, hingga bulan Agustus 2019 tercatat sebanyak 2.684 kg yang dapat menghasilkan sekitar empat jutaan rupiah.

“Terkait hal ini kami sangat apresiasi kepada Camat dan Perangkat Desa dan masyarakat Desa Talagasari, yang telah bekerjasama untuk bersinergi meningkatkan taraf hidup. Melalui program KBA ini diharapkan masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi bersama untuk mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra,” jelas Kris dalam sambutannya.

Kris pun menambahkan aktifitas ini adalah bagian dari cita-cita ASTRA yaitu untuk Sejahtera Bersama Bangsa “Prosper with the Nation” yang lahir dari nilai-nilai Catur Dharma ASTRA. “Dengan mengotimalkan potensi lokal yang ada di wilayah Desa Talagasari, melalui sinergi bersama ASTRA Tol Tangerang-Merak, diharapkan Desa Talagasari dapat menjadi contoh bagi desa lainnya di wilayah Tol Tangerang-Merak dalam mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tutupnya. (olf)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03