19 May 2024 - 13:43 13:43

Donald Trump Usulkan Pemilu AS Ditunda

WartaPenaNews, Jakarta – Donald Trump mengusulkan agar pemilihan presiden yang dijadwalkan November mendatang ditunda dengan mengatakan penambahan pemungutan suara melalui pos dapat membuka peluang kecurangan dan hasil tak akurat.

Ia melemparkan gagasan penundaan itu sampai warga bisa memilih dengan “benar dan aman”.

Hanya ada sedikit bukti untuk mendukung klaim Trump, tetapi ia telah lama menentang pemilihan lewat pos yang menurutnya akan rentan kecurangan.

Sejumlah negara bagian AS ingin membuat proses pemungutan suara melalui pos lebih mudah karena pertimbangan kesehatan terkait pandemi virus corona.

Di bawah konstitusi AS, Trump tidak memiliki wewenang untuk menunda pemilihan itu sendiri. Penundaan apa pun harus disetujui oleh Kongres.

Presiden tidak memiliki kekuasaan langsung atas DPR dan Senat di Kongres.

Apa yang dikatakan Trump?

Dalam serangkaian cuitannya, Trump mengatakan “pemungutan suara universal dengan pos” akan menjadikan pemungutan suara November sebagai “pemilihan paling tidak akurat dan curang dalam sejarah” dan “sangat memalukan bagi AS”.

Dia menyarankan – tanpa memberikan bukti – bahwa pemungutan suara lewat pos akan rentan campur tangan asing.

“Para anggota [Demokrat] berbicara tentang pengaruh asing dalam pemungutan suara, tetapi mereka tahu bahwa pemilu melalui pos adalah cara yang mudah bagi negara-negara asing untuk ikut campur dalam pemilu,” katanya.

Trump juga mengatakan pemungutan suara melalui pos “sudah terbukti menjadi bencana yang dahsyat” di daerah-daerah yang menguji coba cara itu.

Pada Juni, New York memungkinkan pemilih untuk memilih melalui pos dalam pemilihan internal Partai Demokrat untuk menentukan kandidat presiden dari partai itu.

Namun, perhitungan suara tertunda lama dan hasilnya masih belum diketahui.

Media AS melaporkan bahwa ada juga kekhawatiran bahwa banyak surat suara tidak akan dihitung karena tidak diisi dengan benar atau tidak memiliki cap pos yang menunjukkan surat suara dikirim sebelum pemungutan suara secara resmi berakhir.

Namun, beberapa negara bagian telah lama melakukan pemungutan suara melalui pos.

Apa tanggapan asal usulan Trump?

Ditanyai oleh wartawan tentang apakah seorang presiden dapat menunda pemilihan, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan dia tidak akan “memberikan penilaian hukum dengan terburu-buru”.

Ketika dicecar, dia mengatakan departemen kehakiman akan membuat keputusan hukum dan menambahkan “kami ingin pemilihan umum yang dipercayai semua orang”.

Ellen Weintraub, ketua Komisi Pemilihan Federal AS, mengatakan Trump tidak memiliki kekuatan untuk menunda pemilihan – dan menambahkan: “Pemilu juga tidak boleh ditunda.”

Dia menyerukan pemberian lebih banyak dana bagi negara-negara bagian untuk dapat menjalankan “pemilihan umum yang aman, yang diinginkan semua warga Amerika”. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03