19 May 2024 - 03:03 3:03

Facebook dan Google Jadi Bulan-bulanan Hacker

WartaPenaNews, Jakarta – Serangan phishing terjadi ketika seseorang mencoba untuk menipu Anda agar berbagi informasi pribadi secara online. Para peretas atau hacker suka menggunakan Amazon, Google, Facebook, dan WhatsApp untuk menipu korban dengan cara meniru perusahaan tersebut.

Hal ini berdasarkan laporan dari perusahaan analis Check Point, seperti dikutip dari situs Tech Republic, Kamis, 6 Agustus 2020.

Menurut data Check Point, Amazon dan Google adalah merek yang paling banyak ditiru oleh para pelaku kejahatan siber dengan menyumbang masing-masing 13 persen. Diikuti Facebook dan WhatsApp dengan 9 persen, serta Microsoft sebesar 7 persen.

“Dari daftar ini yang mengalami kenaikan cukup pesat adalah Amazon. Kami melihat karena perkembangan penjualan online saat pandemi COVID-19,” kata Manajer Peneliti Data Check Point, Omer Dembinsky.

Ia juga menuturkan bahwa alasan merek lain terkena serangan phishing disebabkan kampanye jahat kompetitor untuk menggeser merek lainnya.

Omer menjelaskan, penipuan melalui email dari merek terkenal didominasi dari Microsoft dan UniCredit yang menyumbang 24 persen. Paling besar adalah situs berbasis web dengan 61 persen yaitu Google, Amazon dan WhatsApp.

“Kalau penipuan melalui ponsel, 15 persen dari keseluruhan serangan siber, Facebook, WhatsApp, dan PayPal adalah yang paling banyak ditiru oleh hacker. Perubahan ini karena adanya pelonggaran pembatasan aktivitas akibat COVID-19 ketika bisnis mulai dibuka kembali dan karyawan kembali kerja,” tutur dia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03