27 April 2024 - 12:19 12:19

Hati-hati, Empat Makanan Ini Perusak Usus

WartaPenaNews, Jakarta – Usus merupakan organ pencernaan yang sangat penting di dalam tubuh, masalah kecil di usus juga berdampak besar bagi kesehatan.

Dalam kehidupan sehari-hari, jika menyangkut usus, banyak orang hanya mengira bahwa usus itu seperti pipa, hanya berperan tempat mengalirnya makanan lalu berujung untuk dibuang melalui buang air besar. Fakta nya, usus adalah organ pencernaan yang sangat penting dalam tubuh kita, usus juga merupakan sistem pencernaan.

Makanan yang kita konsumsi setiap hari perlu diserap melalui usus untuk memberikan energi bagi tubuh. Begitu ada masalah dengan usus, efek kesehatannya akan sangat serius.

Nah, berikut ada beberapa makanan yang sering sekali kita makan ternyata buruk untuk organ usus kita. Apa saja? simak ulasannya.

1. Makanan berlemak

Makanan berlemak berbahaya bagi kesehatan usus. Ini karena makanan tinggi lemak mudah diserap tetapi rendah serat; Jika Anda mengonsumsinya sangat sering, maka pergerakan usus Anda akan berkurang sehingga menyebabkan sembelit. Selain itu, mengonsumsi makanan tinggi lemak secara teratur juga dapat mengurangi keseimbangan di usus.

2. Makanan manis

Meski menjadi hidangan favorit banyak orang, sebaiknya kita tidak makan terlalu banyak, terlalu sering makanan manis seperti cookies, cake, ice cream, candy.

Makanan ini mengandung gula dalam jumlah yang tinggi, jika sering makanan manis dalam jumlah besar dapat menyebabkan sindrom usus pendek, yang mencegah nutrisi diserap dengan baik ke dalam tubuh.

Makanan yang terlalu manis sering kali banyak mengandung asam lemak trans, begitu kandungan asam lemak di dalam tubuh meningkat maka akan mudah menyebabkan masalah obesitas dan penumpukan lemak serta ketidakseimbangan mikroflora usus. Pada anak kecil, makan terlalu banyak yang manis akan menyebabkan mereka bertambah gemuk, namun mereka rentan kekurangan nutrisi, terutama kalium, kalsium dan nutrisi.

3. Asinan

Makanan asinan mengandung kandungan garam tinggi, ini bisa mempermudah usus terkena iritasi, bisa merusak mukosa usus, lambung, menimbulkan penyakit, tukak lambung. Kandungan garam yang tinggi ini juga dapat menyerap air berlebih di dalam usus, mengeringkan usus dan menyebabkan sembelit.

4. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng sangat populer seperti kentang goreng, ayam goreng, gorengan dan lainnya. tetapi makanan yang digoreng perlu dimakan lebih sedikit atau sebaiknya dihindari, karena selama diolah pada suhu tinggi, makanan yang digoreng akan menghasilkan banyak zat berbahaya bagi tubuh. Secara khusus salah satu zat tersebut akrilamida. Makanan ini dapat menyebabkan penurunan motilitas usus dan keseimbangan mikroflora usus sehingga menyebabkan sembelit; Kelebihan kalori menyebabkan obesitas.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 18:53
Sharp Indonesia Umumkan Pemenang Program Sharp Lovers Day-Sharp Fiestapora

WARTAPENANEWS.COM –  Kampanye penjualan besutan Sharp Indonesia bertajuk Sharp Lovers Day – Fiestapora telah berakhir akhir Maret 2024 lalu. Sukses dilaksanakan sejak tujuh tahun silam, Sharp Lovers Day hadir guna

01
|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

02
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

03