19 May 2024 - 21:47 21:47

Heboh Warga Lampung Dengar Dentuman, Ini Penjelasan BMKG

WartaPenaNews, Jakarta – Dentuman misterius dilaporkan terdengar di Provinsi Lampung pada Kamis (28/1) malam. Dentuman ini terdengar oleh warga di Tanggamus, Pringsewu, dan Lampura.

Terkait peristiwa ini, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung dalam penjelasan di Instagram menyebut, tidak mencatat gempa bumi di daerah Lampung saat terjadi dentuman.

“Terkait suara dentuman dan getaran di wilayah Tanggamus, Lampura, dan Pringsewu, bahwa jam 10-an tadi alat kami tidak mencatat adanya gempa bumi di wilayah Lampung maupun awan-awan hujan di sekitar lokasi tersebut,” demikian penjelasan BMKG Lampung.

Sebelumnya, dentuman misterius dilaporkan terdengar di Provinsi Lampung pada Kamis (28/1) malam. Dentuman ini terdengar oleh warga di Tanggamus, Pringsewu, dan Lampura.

Dentuman Lampung ini juga dikabarkan sejumlah warganetdi media sosial. Akun twitter Lampung Fess, @lampungbase, menanyakan warga yang mendengar dentuman.

“Geh! selain wilayah tanggamus, mana aja yang denger dentuman/gempa 1 detik?,” kicau@lampungbase.

Ada juga yang menanyakan langsung ke akun resmi BMKG. “Ada penjelasan suara dentuman keras di area pesisir selatan Lampung min?” kata @darakoebiroe kepada akun BMKG.

Sejumlah warganet lain juga mengajukan pertanyaan serupa terkait dentuman misterius di akun Twitter @infoBMKG.

Sebelumnya, dilaporkan suara dentuman serupa juga terjadi di pesisir Desa Maliaya, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Selasa (26/1), sekitar pukul 09.00 WITA. Sama seperti kejadian di Lampung, BMKG memastikan dentuman itu bukan berasal dari gempa.

BMKG mengaku tidak mendeteksi aktivitas gempa saat dentuman di Majene terjadi.

Tahun lalu, dentuman misterius juga terjadi di beberapa wilayah di tanah air. Pada 11 April 2020 dini hari, dentuman misterius menggegerkan warga di wilayah Jabodetabek.

kemudian, pada 11 Mei 2020 sekitar pukul 00.00-02.00 WIB, dentuman mengagetkan warga Ngawi, Sragen, Boyolali, hingga Grobokan yang sedang tertidur lelap.

Dentuman ketiga terjadi pada 21 dan 22 Mei 2020. Sebagian orang yang tinggal di Kota Bandung dan sekitarnya.

Lalu dentuman misterius kembali terdengar di DKI Jakarta, khususnya wilayah Jakarta Selatan pada Minggu (20/8), sekitar pukul 19.00-20.00 WIB. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03