19 May 2024 - 09:17 9:17

Ini Dampak Buruknya Bila Menahan Tangis

WartaPenaNews, Jakarta – Orang menangis tidak hanya saat sedih, tapi terkadang juga saat merasa cemas, kewalahan, atau gelisah. Menangis terjadi ketika otak mengaktifkan respons stres di dalam tubuh kita.

Meski tidak banyak penelitian yang dilakukan tentang menahan keinginan untuk menangis. Tetapi hal-hal berikut akan jelas terjadi pada tubuh, saat kamu mencoba menahan tangis. Berikut penjelasannya seperti dilansir dari Times of India.

Otak akan mencatat stres

Saat peristiwa pemicu air mata terjadi, respons stres kita mulai bekerja di amigdala, yaitu materi abu-abu di dalam otak yang bertanggung jawab atas persepsi emosi. Amigdala mengirimkan sinyal ke hipotalamus, yang memberi tahu seluruh tubuh untuk bertindak sesuai dengan itu.

Ini akan memberi tahu kelenjar pituitari kita bahwa ada beberapa bahaya (stres), yang memicu kelenjar untuk melepaskan hormon adrenokortikotropik, demikian menurut Harvard Health Publishing.

Hormon ini kemudian berjalan ke kelenjar adrenal, yang terletak tepat di atas ginjal dan menyebabkannya melepas kortisol, hormon stres. Hipotalamus juga mengaktifkan sistem saraf simpatis, bagian dari sistem ini mengontrol fungsi tubuh yang dipicu dalam respons melawan atau lari.

Detak jantung meningkat

Ketika kamu hampir menangis tetapi mencoba menahan air mata, sistem saraf simpatik mempercepat detak dan kontraksi otot jantung. Ketika pembuluh darah besar melebar, hal itu akan meningkatkan jumlah darah yang dipompa ke bagian-bagian tubuh ini. Dan dengan demikian, meningkatkan bI.

Napas bisa berubah

Ketika kamu mengalami emosi yang intens dan membiarkan tubuh melepaskannya (dengan menangis), kamu mungkin mengalami sesak napas dan napas cepat. Ini terjadi ketika kamu stres, saluran udara antara hidung dan paru-paru menjadi kencang.

Otot bereaksi saat stres

Pelepasan hormon yang cepat mengirimkan darah ekstra ke semua otot tubuh. Ini lebih sering terjadi bila ada stres fisik, contohnya saat ada mobil yang menghampiri, kamu akan reflek untuk menghindarinya agar tidak terserempet.

Alasan menangis

Banyak orang merasakan dorongan untuk menangis karena banyak alasan. Menurut data, wanita Amerika menangis 3,5 kali setiap bulan, sedangkan pria Amerika, 1,9 kali setiap bulan.

Demikian menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 2010. Wanita di China bahkan lebih sering menangis dibanding wanita Amerika, kata studi tersebut.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03