Ini Menu Makanan bagi Penderita Asam Urat dan Kolesterol saat Lebaran

Ilustrasi asam urat Foto: Halodoc

WartaPenaNews, Jakarta  – Menu makanan bagi penderita asam urat dan kolesterol harus selalu dijaga. Dan kita harus tahu daftar makanan pantangan asam urat dan kolesterol, agar kondisi ini tidak terjadi pada Anda. Dan deretan makanan enak penyebab asam urat juga terkadang membuat kolesterol tinggi.

Selama bertahun-tahun dokter, telah menasihati pasien dengan asam urat tentang makanan yang harus dijaga. Asam urat atau gout adalah bentuk radang sendi yang sangat menyakitkan, yang disebabkan oleh asam urat dalam jumlah yang berlebihan di dalam tubuh.

Untuk itu, Anda harus beralih ke diet Dash. Apa itu diet Dash atau Dietary Approaches to Stop Hypertension? Diet ini sangat sederhana, dan Anda bisa melakukannya di rumah tanpe perlu membutuhkan seorang pemandu. Meskipun tingkat keberhasilannya tergantung kepada kedisiplinan Anda. Syaratnya?

Dikutip dari Arapc.com, Dokter spesialis rematik Herbert S. B. Baraf, MD, FACP, MACR memberitahukan cara benar untuk mengatasi kondisi ini.

Ciri-ciri asam urat di kaki

Menurutnya, endapan asam urat di tubuh cenderung menumpuk di persendian dan kadang-kadang menyebabkan rasa nyeri persendian yang eksplosif dan dramatis. Biasanya dirasakan di kaki atau pergelangan kaki, dengan ciri-ciri kulit terasa lebih lembut, pembengkakan dan kemerahan.

Pasien tipikal dengan asam urat adalah pria. Kelebihan berat badan dan terlalu banyak mengonsumsi alkohol, adalah penyebabnya. Sebenarnya, peningkatan kadar asam urat dalam aliran darah disebabkan oleh berbagai faktor. Tidak sedikit di antaranya merupakan kecenderungan genetik, yang mengarah ke cacat ginjal yang mengganggu pengeluaran asam urat dalam urin.

Pasien gout juga cenderung memiliki masalah medis lainnya, di antaranya tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi. Pasien asam urat lebih mungkin menderita diabetes, memiliki gangguan fungsi ginjal dan menderita penyakit jantung. (mus)