29 April 2024 - 22:00 22:00

Kanker Paru ALK-Positif, Langka Namun Sudah Bisa Didiagnosis dan Diobati di Indonesia

WartaPenaNews, Jakarta – Mutasi gen anaplastic lymphoma kinase (ALK) atau dikenal dengan nama kanker paru NSCLC ALK+ (ALK positif) pada sejumlah pasien NSCLC memang tidak begitu besar. Namun, tingkat kesulitan pengobatannya terbilang cukup tinggi, butuh biaya cukup besar, perhatian dan kesabaran pasien dan keluarga untuk melakukan tahapan-tahapan pemeriksaan dan pengobatan. Serta dukungan utama oleh dokter yang cakap, profesional dan bisa memberi spirit layaknya seorang sahabat sejati.

Edukasi Masyarakat Cara Bijak Menanggulangi Kanker Paru

Dalam rangka memperingati Bulan Peduli Kanker Paru Sedunia, Indonesian Cancer Information & Support Center menyelenggarakan forum edukasi media “Kanker Paru ALK-Positif, Kenali, Periksa Tangani Bersama, di Jakarta, 28/11/2019.

Berdasarkan data Global Cancer Observatory (Globocan 2018), 1,8 juta jiwa di dunia meninggal akibat kanker paru sepanjang 2018. Sementara di Indonesia, setiap tahunnya lebih dari 30.023 penduduk Indonesia didiagnosa kanker paru dan sebanyak 26.095 orang meninggal akibat kanker paru di tahun 2018.

Kanker paru terdiri dari, kanker paru bukan sel kecil atau non small cell lung cancer (NSCLC). Dan kanker paru sel kecil atau small cell lung cancer (SCLC).

Kemajuan Teknologi dan Peningkatan Kompetensi Tangani Kanker Paru Yang Efektif

dr. Sita Laksmi Andarini, Ph.D, Sp.P (K) mengatakan, “ALK adalah salah satu mutasi onkogenik yang terjadi pada pasien kanker paru bukan sel kecil atau NSCLC.

Kanker paru ALK positif memiliki masa perburukan yang sangat cepat, sekitar 7 bulan. Merupakan jenis kanker langka yang terjadi pada sekitar 2 – 5 % dari jumlah pengindap. Sebagian besar ditemui pada pasien kanker paru stadium lanjut, bukan perokok, berusia 45 – 50 tahun atau lebih muda dari populasi pasien kanker paru umumnya. Serta mengalami penyebaran sel kanker atau metastasis ke otak. Namun, lanskap pengobatan kanker paru telah berkembang sangat pesat, sehingga kemajuan teknologi memungkinkan penanganan kanker paru yang efektif, salah satunya dibuktikan dari hasil studi yang menunjukkan pengobatan kanker paru, Anti ALK dengan Alectinib yang telah berhasil meningkatkan hasil terapi pada pasien, yang dapat memberikan masa bebas perburukan hampir 3 tahun.”

dr. Evelina Suzanna, Sp.PA menyampaikan, “bagaimana diagnosis terhadap kanker paru NSCLC ALK positif di Indonesia telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan, berkat kerjasama antara pemangku kepentingan.” Hingga tahun 2017, kanker paru NSCLC jenis mutasi ALK belum dapat di tes di Indonesia. Karena kemungkinan adanya mutasi ALK positif pada pasien tidak diketahui, maka pasien mendapatkan terapi kemoterapi standar yang memberikan hasil kurang optimal. Di sisi lain, sebagian pasien juga mengejar diagnosis dan pengobatan ke luar negeri.

Didukung 11 Rumah Sakit dan 4 Laboratorium

Dari kerjasama dengan Roche, para ahli patologi anatomi dan ahli kanker, serta pihak Rumah Sakit. Kini, diagnosis ALK telah dapat dilakukan di Indonesia melalui program peningkatan kompetensi para ahli patologis anatomi di 11 Rumah Sakit di 10 kota di Indonesia. Untuk melakukan testing dan interprestasi ALK, peningkatan kapabilitas infrastruktur testing ALK dengan ujicoba reagen baru yang spesifik yang lebih sederhana dan akurat, serta sertifikasi UKNEQAS yang berstandar Internasional, yang sedang dilakukan pada 4 laboratorium di Rumah Sakit Pemerintah dan 1 Laboratorium di Rumah Sakit swasta.

Para ahli patologis anatomi di 11 Rumah Sakit telah mengikuti program pelatihan testing dan interprestasi ALK antara lain berasal dari RS.M.Djamil Padang, RSUP H. Adam Malik di Medan, Pusat Kanker Nasional RS Kanker Dharmais dan RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. Sementara laboratorium yang sedang mengikuti sertifikasi UKNEQAS diantaranya Pusat Kanker Nasional RS.Kanker Dharmais, RSUPN.Dr.Cipto Mangunkusumo di Jakarta dan RSUP Dr. Sardjito di Yogya. (bud)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03