19 May 2024 - 11:58 11:58

Kenali Berbagai Penyebab Kanker Testis yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai penyebab kanker testis

Meski hingga kini belum ada penelitian yang menyatakan secara gamblang mengenai penyebab dari kanker, terdapat beberapa hal yang mungkin dapat memicunya.

Menurut American Cancer Society ada beberapa kondisi yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada testis Anda. Apa saja kondisi tersebut?

1. Faktor genetik

perbedaan pendapat dalam keluarga

Salah satu penyebab kanker testis yang paling besar adalah faktor genetik atau biasa disebut dengan riwayat keluarga.

Pria yang memiliki ayah atau saudara kandung yang menderita kanker testis, biasanya memiliki risiko yang lebih besar untuk kena kanker testis, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat oenyakit ini di anggota keluarganya.

Hal ini berarti juga berkaitan dengan DNA yang ada dalam keluarga. Biasanya, DNA yang bermasalah di dalam tubuh dapat mengakibatkan sel-sel sehat menjadi rusak.

Sekalipun rusak, sel-sel tersebut nyatanya tidak lantas mati. Sel itu malah akan terus tumbuh sehingga membuat jumlah sel yang berada di dalam tubuh jadi berlebihan jumlahnya.

Pertumbuhan yang berlebihan inilah yang bisa mengganggu testis seorang pria. Tidak menutup kemungkinan juga pertumbuhan abnormal ini dapat menyerang anggota tubuh lainnya.

Apabila Anda mencurigai adanya kemungkinan terkena kanker ini, apalagi jika Anda memiliki keluarga yang kena penyakit serupa, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih awal.

2. Testis yang tidak turun (kriptorkismus)

gondongan di testis penyebab pria tidak subur

Selain faktor genetik, penyebab yang mungkin dapat memicu risiko terjadinya kanker testis adalah kriptorkismus atau testis yang tidak turun.

. Sekitar 3% anak laki-laki mendapati testis mereka tidak turun.

Dalam beberapa kasus, terdapat testis yang turun ke skrotum, namun salah satunya tetap tertinggal di selangkangan.

Jika setelah anak laki-laki menginjak umur satu tahun dan testisnya tidak kunjung turun, cobalah periksakan anak Anda ke dokter. Dokter akan menganjurkan Anda menjalani operasi orchiopexy untuk memindahkan testis ke skrotum.

Pria yang memiliki riwayat penyakit testis tidak turun lebih berisiko terkena kanker testis. Meski begitu, risiko ini dapat dikurangi apabila orchiopexy dilakukan pada masa anak-anak.

Belum ada data yang menjelaskan bahwa orchiopexy yang dilakukan pada usia dewasa dapat membantu mengurangi risiko kanker testis.

3. Masalah kesuburan

infeksi saluran urogenital

Seorang laki-laki yang memiliki masalah kesuburan memiliki peluang yang lebih tinggi untuk terkena kanker testis, dibandingkan mereka yang tidak.

Hal ini ditandai dengan sperma yang bermasalah, seperti kekentalan sperma atau sperma yang tak bergerak seperti biasanya (jika dilihat secara mikroskopis).

Hal ini dikarenakan testis merupakan tempat penghasil sperma. Apabila kualitas sperma buruk, tentu penyebabnya adalah gangguan di testis itu sendiri.

Namun, bukan berarti mereka yang memiliki masalah kesuburan pasti akan kena kanker testis. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti hubungan antara keduanya.

Berbagai penyebab kanker testis yang telah disebutkan sebenarnya merupakan beberapa kondisi yang mendukung pertumbuhan sel kanker pada testis.

Belum ada penelitian yang benar-benar menjelaskan apa penyebab langsung terjadinya kanker testis. Jika Anda merasa khawatir dengan kesehatan testis dan organ kelamin Anda, konsultasikan ke dokter untuk mendapat kepastian. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03