23 April 2024 - 17:31 17:31

Kenali dan Rawat Tulang Belakang Anda dengan Kasur yang Tepat

wartapenanews.com – Tulang belakang atau tulang punggung adalah salah satu bagian penting dalam anatomi tubuh manusia. Secara umum, tulang belakang berperan besar untuk menopang tubuh dan membantu manusia berjalan.

Fajri, Head of Marketing, PT. Royal Abadi Sejahtera, produsen kadur Tote Bag menyampaikan, “Selain stres, gaya hidup dan cedera, sakit punggung dan nyeri tulang juga dipengaruhi oleh kasur tidur yang digunakan. Kasur yang terlalu empuk maupun terlalu keras akan memberikan tekanan penyebab nyeri pada saraf skiatika, ” katanya.

Menurut bentuknya, ruas tulang belakang termasuk tulang pendek yang menghubungkan berbagai bagian sistem muskuloskeletal (gerak). Tulang belakang terbuat dari serangkaian tulang-tulang kecil (vertebra) yang ditumpuk di atas satu sama lain, mulai dari dasar tengkorak hingga panggul.

Di antara tiap vertebra terdapat bantalan seperti gel yang dikenal sebagai cakram, yang berfungsi untuk meredam guncangan sekaligus mencegah tulang saling bergesek satu sama lain.

Tulang belakang memberikan struktur dan menyokong tubuh, serta melindungi saraf tulang belakang yang terdiri dari saraf-saraf yang mengirimkan dan menerima pesan antara otak dan tubuh, sehingga memungkinkan fungsi organ yang sehat serta pengendalian gerakan.

Secara umum, struktur tulang belakang dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

• Tulang Servikal (Tulang Leher)

Bagian ini terdiri dari tujuh ruas (C1-C7) yang fungsi utamanya adalah menopang kepala. Gangguan pada bagian ini bisa menyebabkan sakit leher, atau nyeri yang menjalar ke lengan, tangan, dan jari.

• Tulang Torakal (Tulang Punggung Atas)

Bagian ini terdiri dari dua belas ruas (T1-T12) yang berhubungan dengan tulang dada dan tulang iga. Tulang-tulang ini membentuk struktur yang stabil dan kokoh. Gangguan pada area ini jarang berkaitan dengan tempat tidur.

• Tulang Lumbal (Tulang Punggung Bawah)

Terdiri dari lima ruas (L1-L5). Bagian ini memiliki fleksibilitas serta ruang gerak yang luas. Fungsinya adalah untuk menopang berat badan dan gerakan tubuh. Itu sebabnya bagian ini paling sering mengalami nyeri atau masalah tulang belakang lainnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03