2 Februari 2023 - 14:55 14:55
728x90

KFC Untuk Laut Indonesia Libatkan 10 Kampus Berkompetisi Ciptakan Solusi Masalah Sampah

WartaPenaNews, Tangerang – Setelah menjalankan No Straw Movement secara nasional, dan mengajak konsumen untuk membereskan sendiri sisa makanan dan membuangnya ke tempat sampah melalui Budaya Beberes, KFC Indonesia kembali menunjukkan komitmennya terhadap lingkungan melalui KFC Untuk Laut Indonesia, sebuah instalasi edukasi tentang kondisi laut dan sampah di Indonesia di KFC Paramount Serpong yang sudah berlangsung sejak 2 Februari lalu hingga 3 Maret 2019.

Selain memberikan pengetahuan tentang bahaya sampah laut dan cara mengantisipasinya, KFC Untuk Laut Indonesia juga menghadirkan rangkaian acara yang berkaitan dengan lingkungan seperti workshop ecobrick, daur ulang kantong kresek, fashion show dari Abang None Kepulauan Seribu, berbagai talkshow tentang lingkungan, dan kompetisi antar kampus bertajuk University Challenge.

Swietenia Puspa, Inisiator Divers Clean Action menjelaskan setelah Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS), Divers Clean Action senang dapat bekerjasama kembali dengan KFC Indonesia untuk mengundang teman-teman mahasiswa dalam sebuah kompetisi bertajuk University Challenge.

Pada kompetisi ini, ia menantang teman-teman mahasiswa untuk memberikan ide kreatifnya dalam memberikan solusi permasalahan sampah di lingkungan kampus masing-masing tim.

“Melalui kompetisi ini, kami juga mengajak teman-teman mahasiswa/i untuk peduli terhadap lingkungan melihat kondisi sampah sekarang yang kian memprihatinkan,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (6/3).

Sepuluh tim dari 10 universitas di Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat mengikuti University Challenge dan mengikuti rangkaian kegiatan yang harus mereka jalani mulai dari pelatihan, pemetaan program, hingga presentasi rencana aksi.

Sepuluh universitas yang berpartisipasi adalah 2 tim dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Insititut Teknologi Bandung (ITB), Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Universitas Atma Jaya, Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Nasional (UNAS).

Setelah diberikan waktu kurang lebih 2 minggu bagi masing-masing tim, tim juri yang terdiri dari Swietenia Puspa dan Nadhira Afina selaku Sustainability Manager Divers Clean Action memutuskan tim Marine Debris Awareness yang terdiri dari An Nisa Nurul Suci, Chuldyah Jengkarili H., Muhammad Halim, mahasiswa/i Institut Pertanian Bogor sebagai pemenang dari KFC Untuk Laut Indonesia University Challenge.

Usulan kegiatan Marine Debris Awareness merupakan riset komposisi sampah dan melaksanakan advokasi serta penyediaan fasilitas pengumpulan dan pengelolaan sampah di kampus. Selain itu, tim Marine Debris Awareness berkolaborasi dengan masyarakat sekitar untuk mengembangkan sistem persampahan di bantaran sungai area kampus IPB agar tidak ada lagi sampah yang terbuang ke sungai. Hal ini sangat menekankan pentingnya kehidupan dan gaya hidup di perkotaan/gunung/sungai agar turut menjaga sampahnya dan tidak akan masuk ke laut.

“Berdasarkan hasil penjurian, kami melihat tim Marine Debris Awareness mempunyai program yang menarik dan sesuai, untuk mengatasi masalah sampah yang biasa terjadi di sekitar lingkungan kampus. Pendataan komposisi sampah dan pemetaan fasilitas kampus untuk dapat dimaksimalkan dan tepat guna dengan kebutuhan di kalangan mahasiswa dapat menjadi contoh untuk menjaga kelestarian kampus lainnya. Selain itu program kolaborasi kampus dengan masyarakat sekitarnya dalam menjaga sungai dari sampah yang akan bermuara ke laut. Kami harap ke depannya, masing-masing tim juga dapat merealisasikan programnya di masing-masing kampus dan juga mampu untuk mengajak teman-temannya peduli terhadap lingkungan,” tambah Swietenia.

Sebagai bentuk apresiasi, pemenang mendapatkan kesempatan Study Trip bersama Divers Clean Action di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, untuk terlibat dalam kegiatan pengembangan masyarakat Save Our Small Islands yang dilakukan oleh DCA. Selain itu, KFC akan memberikan hadiah uang tunai, pelatihan manajemen sampah dan mendapatkan mentoring dengan ahli.

Hendra Yuniarto, General Manager PT Fast Food Indonesia Tbk, menegaskan KFC Indonesia sangat berkomitmen dalam mendorong kegiatan peduli lingkungan yang digerakkan anak muda. Dukungan ini sudah kami tunjukkan sejak tahun lalu, dimana KFC Indonesia mendukung terlaksananya Indonesian Youth Marine Debris Summit yang dilaksanakan oleh Divers Clean Action.

“Sekitar 60 anak dari seluruh provinsi di Indonesia berkumpul dan menyiapkan program untuk menyelamatkan lingkungan dari sampah. Dengan adanya University Challenge, kami ingin semakin banyak anak muda yang peduli dan mau berbuat sesuatu untuk masalah sampah,” tegas Hendra. (sol)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03