19 May 2024 - 07:38 7:38

KPK Pernah 30 Kali OTT Tahun 2018, Novel Baswedan: Bukan Karena Firli

IPOL.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diakui banyak melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada 2018 lalu. Setidaknya, terdapat puluhan kali OTT dalam setahun terhadap pelaku tindak pidana korupsi.

Namun banyaknya OTT tersebut saat itu bukan karena kepemimpinan Firli Bahuri sebagai Deputi Penindakan KPK. Melainkan saat itu, banyak pimpinan lembaga antirasuah yang mendukung kebijakan OTT.

“Saat Firli (Ketua KPK) sebagai Deputi Penindakan memang banyak OTT, tapi itu karena punggawa-punggawa OTT masih di KPK, seperti “Raja OTT” dan sebagainya,” ujar mantan penyidik KPK, Novel Baswedan seperti dikutip dari cuitannya di twitter, Rabu (19/7).

Sebaliknya, Novel menyinggung soal banyaknya dugaan kebocoran yang terjadi di era kepemimpinan Firli Bahuri sebagai Ketua KPK saat ini.

“Justru peran Firli terkait dengan banyak kebocoran OTT, sehingga yang bersangkutan diperiksa karena perbuatan-perbuatan itu,” singgungnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengaku sering melakukan OTT terhadap para pelaku korupsi saat menjabat Deputi Penindakan KPK.

Firli mengatakan, saat ia menjabat Deputi Penindakan KPK, lembaga antirasuah tersebut mencatat rekor tertinggi OTT.

“OTT terbanyak tahun 2018 Pak, waktu itu saya Deputi Penindakan, 30 kali tangkap tangan (OTT di tahun) 2018,” kata Firli dalam acara seminar di Gedung Juang KPK Merah Putih, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/7).(Yudha Krastawan)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03