3 Februari 2023 - 14:25 14:25

KPU Optimis Logistik Pemilu Selesai Tepat Waktu

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui masih ditemukan sejumlah logistik yang mengalami kerusakan di beberapa daerah. Berdasarkan hasil penyortiran sejumlah logistik ditemukan rusak di antaranya meliputi kotak suara, bilik suara, segel, dan tinta.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatkan, pihaknya telah menyelesaikan produksi logistik untuk pemilu 2019. KPU sendiri memproduksi 4.060.079 kotak suara, 2.117.482 bilik suara, 83.488.532 segel, dan 1.610.148 tinta. Dari jumlah itu, sebanyak 7.723 kotak suara, 3.496 bilik suara, 7.588.766 segel serta 394 tinta ditemukan rusak.

Selain itu terdapat juga 1.166 kotak suara, 3.496 bilik suara, dan 101.698 segel yang kurang pengirimannya. Ilham memastikan semua kerusakan itu akan diganti oleh pihak KPU. “Ketika kemudian dilaporkan, yang dilaporkan rusak-rusak itu segera kami ganti,” ujarnya.

KPU juga sudah membuat kriteria logistik mana yang dikategorikan rusak, dan mana yang masih bisa ditolerir, “Di situ ada satker (satuan kerja) juga kan di situ, ada KPU kabupaten,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ilham mengatakan pihaknya mendistribusikan 921 juta lembar surat suara. Namun pengadaan logistik di sejumlah daerah masih menemui kendala, seperti di Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

“Untuk Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah penyedia ada kesalahan perencanaan mengenai bahan baku kertas, saat ini sedang berproses,” kata Ilham.

Penyedia surat suara untuk dua daerah tersebut adalah PT Adi Perkasa Makassar. Ilham berjanji pihaknya bakal mengupayakan pendistribusian surat suara di daerah itu akan selesai tepat waktu.

Terpisah, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menuturkan, pihaknya menargetkan keseluruhan distribusi bisa mencapai 100 persen pada tanggal 30 Maret 2019, termasuk penggantian surat suara hasil sortir.

“Kalau lihat di TV, ada surat suara rusak angan berpikir aneh-aneh. KPU kabupaten/kota tugasnya menyortir untuk dilaporkan (surat suara yang rusak) ke KPU pusat. Lalu KPU pusat melaporkan ke pabrik penyedia untuk mengganti tanpa konsekuensi penambahan anggaran sedikit pun,” jelas Pramono. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03