3 Februari 2023 - 14:21 14:21

KPU Pastikan Soal Debat Kedua Terjamin Kerahasiaannya

WartaPenaNews, Jakarta – Panelis yang telah ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dua moderator debat kedua menandatangani pakta integritas. Dengan ditandatanganinya komitmen tersebut, diharapkan tidak ada soal yang bocor kepada kedua capres sebelum debat dimulai.

Hal ini karena soal yang diberikan oleh panelis dirahasiakan. Berbeda dengan debat pertama yang diberikan kepada kedua paslon.

Diketahui sebelumnya, Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro terpilih menjadi moderator di debat capres kedua yang akan dilakukan pada 17 Februari mendatang. Sementara untuk panelis, tujuh orang yang terpilih ialah Rektor ITS Joni Hermana, Rektor IPB Arif Satria, Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati, ahli pertambangan ITB Irwandy Arif, pakar energi Ahmad Agustiawan, pakar lingkungan Undip Sudharto P Hadi, serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria Dewi Kartika.

Ketua KPU Arief Budiman meyakini, dengan ditandatanganinya pakta integritas, tak ada pihak panelis dan moderator yang berani membocorkan soal. Ia yakin tujuh panelis dan dua moderator akan menjaga kerahasiaan soal sampai debat dilaksanakan. Menurutnya, tidak memberikannya soal kepada paslon sebagai jawaban atas tuntutan publik.

Pemintaan yang besar terhadap KPU agar debat dibuat lebih menarik. Salah satunya, dengan tidak memberikan kisi-kisi seperti di debat pertama. Debat kedua juga diharapkan mampu mengupas suluruh program dan visi misi para kandidat.

“Saya percaya profesionalisme tokoh-tokoh besar ini tidak akan merelakan kredibilitasnya, integritasnya, untuk kemudian tidak melaksanakan tugas yang diberikan negara dengan baik sehingga kami memandang tidak perlu sampai harus disumpah. Menyatakan komitmen dalam sebuah pakta integritas menurut kami sudah cukup,” ujar Arief.

Moderator debat, Anisha Dasuki mengatakan, komitmen untuk menjaga kerahasiaan soal merupakan hal utama yang akan dijaga. Hal itu merupakan unsur yang tidak bisa ditawar dan bagian dari profesionalisme. Ia juga mengaku terus melakukan persiapan dengan moderator Tommy Tjokro.

“Saya sama mas Tommy sering brain stroming. Kita evaluasi juga kemudian kita pelajari dengan baik tata cara debatnya seperti apa. Kemudian tema yang diangkat seperti apa supaya kita bisa lebih memperdalam visi dan misi kedua pasangan,” ujar Anisha. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03