2 Februari 2023 - 14:09 14:09
728x90

KPU Tetapkan Zonasi Kampanye Nasional

WartaPenaNews, Jakarta – Penetapan zonasi untuk kampanye nasional telah ditetapkan. Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02 Prabowo-Sandi mendapatkan zona A. Sedangkan Tim Kampanye Nasional (TKN) 01 mendapatkan zona B.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menjelaskan, zona ini akan menjadi zona nasional untuk kegiatan kedua kubu dalam aspek kampanye rapat umum bukan dalam aspek rapat individu tim.

“Kalo rapat yang lain tidak mengikuti. zona ini hanya untuk rapat umum dan kami akan mengirimkan segera pemberitahuan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota,” kata Arief di Jakarta, Kamis (7/3).

Arief juga meminta, kepada partai politik untuk menginformasikan kepada DPW, DPD, Deputi masing-masing tentang pembagian zona ini.”Jadi bukan hanya KPU yang akan memberitahu, Bawaslu juga akan memberitahukan sampe bawah, tapi parpol dan struktur tim TKN dan BPN perlu dikasih tau juga yang ada di Provinsi dan kabupaten kota,” terangnya.

Ditempat yang sama, Komisioner KPU Wahyu Setiawan menambahkan, selain kampanye rapat umum, metode kampanye yang lain tetap dilaksanakan dengan ketentuan-ketentuan tersendiri. Pembagian zona ini hanya mengatur tentang jadwal kampanye rapat umum 21 hari dan juga mengatur tentang iklan kampanye di media massa 21 hari.

“Jadi metode kampanye yang lain tetap dapat dilaksanakan. Terkait rapat umum,masing-masing berkampanye itu dua hari di tiap zona. Jadi misalnya peserta pemilu kampanye di zona A 2 hari setelah itu hari ketiganya dia berpindah ke zona yang lain. Jadi kampanye di Satu zona itu 2 hari begitu bergantian dan terus-menerus,” papar Wahyu.

Menanggapi program KPU tersebut, Wakil Ketua BPN Priyo Budi Santoso menilai jadwal zonasi pada calon presiden dan calon wakil presiden adalah langkah yang sangat fair.

“Kami dari BPN memberi apresiasi dan terima kasih usulan-usulan kami bisa diakomodir menjadi sebuah keputusan bersama kami berterima kasih kepada KPU kepada Bawaslu juga kepada teman-teman 01 yang tadi ide-ide segar kami ternyata juga mendapat rujukan dan juga mendapatkan dukungan dari perwakilan perwakilan partai politik peserta pemilu,” paparnya.

Priyo menegaskan, pada debat capres dan cawapres adalah tempat terakhir kampanye. Dirinya memastikan Prabowo dan Sandiaga Uno terakhir akan menyampaikan hal yang bagus, tertata rapi, khusus kepada pendukung.

Sementara itu, Direktur Program TKN Aria Bima mengaku pihaknya akan memaksimalkan kampanye rapat umum tersebut. Pihaknya juga akan fokus kepada semua daerah. Bukan cuma kantong suara yang memiliki jumlah pemilih besar.

“Zonanya akan berputar setiap dua hari. Berputar terus. Untuk wilayah DKi itu akan kami gunakan sosialisasi dan kampanye oleh paslon 01,” terangnya.

Aria mengatakan pihaknya telah menetapkan titik-titik di mana saja Jokowi dan Maruf Amin akan berkampanye sesuai tanggal yang ditetapkan KPU.

“Kita sudah bagi siapa-siapa yang harus jadi juru kampanye di masing-masing dapil. Di mana konfigurasi antara capres dan cawapres juga calon DPR RI dari sembilan partai pengusung yang ada di masing-masing dapil itu akan menjadi juru kampanye utama kita,” tandasnya. (dbs)

Berikut penyusunan Jadwal Kampanye Rapat UmumZona A dan B:

Zona A: BPN

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Jambi
  6. Jakarta
  7. Jawa Barat
  8. Jawa Tengah
  9. NTT
  10. Kalbar
  11. Kalteng
  12. Kalsel
  13. Sulut
  14. Sulteng
  15. Sulsel
  16. Maluku
  17. Papua

Zona B: TKN

  1. Sumsel
  2. Bengkulu
  3. Lampung
  4. Bangka Belitung
  5. Kepulauan Riau
  6. Yogyakarta
  7. Jawa Timur
  8. Banten
  9. Bali
  10. Nusa Tenggara Barat
  11. Kalimantan Timur
  12. Kalimantan Utara
  13. Sulawesi Tenggara
  14. Gorontalo
  15. Sulawesi Barat
  16. Maluku Utara
  17. Papua Barat
Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03