30 April 2024 - 02:30 2:30

Lokasi Karantina Pasien di Kudus Semakin Menipis

WartaPenaNews, Kudus – Sebanyak 700pasien Covid-19 Kudusdipindahkan ke Asrama Haji Donohudan yang menjadi lokasi karantina pasien yang terpapar corona. Pemindahan tersebut lantaran ketersediaan tempat isolasi warga positif Covid-19 di Kudus semakin menipis.

RSUD dr Moewardi (RSDM) Solokemudian mengirimkan sejumlah tenaga kesehatan (nakes). Pengiriman ini diatur oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah. Para Nakes akan bertugas sesuai jadwal yang telah ditetapkan Dinkes Jateng.

“Kami mengirim Nakes karena sudah dijadwalkan semua akan ke Donohudan. Sudah dijadwalkan, bergiliran siapa-siapa yang jaga itu diatur oleh Pemerintah Provinsi,” ujar Direktur RSDM Solo, Cahyono Hadi kepada wartawan, Senin (7/6/2021).

Asrama Haji Donohudan dinilai memenuhi syarat sebagai lokasi karantina atau isolasi mandiri warga positif Covid-19, termasuk dari Kudus. Sebab, ruang luas, banyak, dan bisa terkontrol, serta tidak berbaur dengan masyarakat. Beberapa pasien asal Kudus yang bergejala sedang dan berat akan dirawat di RSDM. Sementara mereka yang tak menunjukkan gejala atau bergejala ringan menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan.

“Mereka yang bergejala berat dan sedang bisa dirawat di RSDM atau mungkin ke beberapa RS besar lain. Entah mendapatkan pemberitahuan atau tidak, kami siap menerima rujukan pasien,” ucapnya.

Saat ini, kondisi bed isolasi di RSDM baru terisi separuhnya atau masih dalam kondisi aman. Pascalibur Lebaran, tak ada lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan meski ada kenaikan dibandingkan dua bulan lalu.

“Baru diperiksa kalau enggak salah, di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor Dan Reservoir Penyakit [B2P2VRP] Salatiga. Harapan kami warga tetap menjaga protokol kesehatan yang 5M itu tetap jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, pakai masker, mengurangi mobilitas. Itu nomor satu ya,” pungkasnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03