29 April 2024 - 22:19 22:19

Mana yang Lebih Efektif, Mencuci Tangan dengan Sabun Atau Hand Sanitizer?

WartaPenaNews, Jakarta  – Dalam keadaan darurat, hand sanitizer dapat mendisinfeksi jika mengandung kadar alkohol minimal 60 persen.

Tapi jika kita melihat lebih jauh, sabun dan air adalah cara paling efektif untuk menghilangkan bahan kimia, kuman, hingga virus corona.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika merekomendasikan untuk mencuci tangan selama setidaknya 20 detik. Hal ini untuk mencegah dan memastikan penyebaran virus yang menyebabkan COVID-19, mati.

Mengapa sabun dan air lebih baik? Sebagai permulaan, ada batasan seberapa baik hand sanitizer.

Hand sanitizer tidak menghilangkan semuanya

Dikutip dari Ucihealth, mengoleskan hand sanitizer mungkin lebih mudah. Tetapi jika kandungan alkoholnya rendah, tidak efektif membasmi semua jenis bakteri dan virus.

Sabun dan air jauh lebih efektif untuk menghilangkan kuman penyebab penyakit seperti cryptosporidium, norovirus dan Clostridium difficile. Sabun juga menyapu bakteri dan juga virus lain, yang bahkan lebih kuat dari virus corona sekali pun.

Studi menunjukkan bahwa, hand sanitizer bekerja dengan baik dalam pengaturan klinis, di mana tangan tidak terlalu kotor atau berminyak. Tetapi dalam lingkungan kerja dan masyarakat, hand sanitizer tidak cukup efektif. Selain itu, hand sanitizer tidak efektif jika tangan tidak benar-benar kering.

Hand sanitizer juga tidak bisa menghilangkan bahan kimia berbahaya dari tangan. Dalam satu penelitian, orang-orang yang menggunakan hand sanitizer masih ditemukan memiliki pestisida dalam tangan mereka.

Jika Anda telah menyentuh bahan kimia berbahaya, para ahli merekomendasikan untuk mencuci dengan hati-hati dengan sabun dan air.

Hand sanitizer berbahan dasar alkohol aman bila digunakan sesuai petunjuk. Tetapi di sisi lain, dapat menyebabkan keracunan jika tertelan, khususnya bagi anak-anak.

Di Amerika Serikat, setidaknya ada 85.000 panggilan di mana anak-anak keracunan hand sanitizer dari 2011 hingga 2015.

Untuk alasan ini, pembersih tangan harus selalu disimpan jauh dari jangkauan anak-anak. Dan hanya digunakan di bawah pengawasan orang dewasa.

Mengapa sabun lebih efektif?

Sabun yang dikombinasikan dengan air mengalir sejauh ini merupakan cara terbaik untuk menghilangkan kuman dari tangan kita. Itu karena molekul sabun sendiri sangat efektif menghancurkan membran permukaan beberapa bakteri dan virus, termasuk virus corona.

Selain itu, menggosok tangan secara menyeluruh dengan sabun, menciptakan gesekan yang membantu mengangkat dan membersihkan kotoran, minyak, dan mikroba dengan air mengalir.

Setidaknya cuci tangan selama 20 detik, untuk benar-benar mendisinfeksi tangan Anda sepenuhnya.

Langkah-langkah mencuci tangan yang direkomendasikan CDC:

Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir (hangat atau dingin) dan oleskan sabun.
Lapisi semua permukaan tangan dengan sabun lalu menggosoknya.
Gosok semua permukaan tangan, termasuk telapak tangan, punggung, jari, kulit di antara jari-jari dan juga di bawah kuku.
Bilas tangan di bawah air bersih yang mengalir.
Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu khusus tangan.
Langkah-langkah ini dapat membuat semua perbedaan dalam melindungi Anda dan keluarga.
Kapan harus mencuci
Kebersihan tangan yang baik sepanjang hari, sangat penting untuk melindungi kesehatan Anda dan juga orang lain. Berikut waktu yang tepat mencuci tangan:

Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan
Sebelum makan
Sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sakit
Sebelum dan sesudah merawat luka
Setelah menggunakan kamar mandi, ganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan kamar mandi
Setelah mengorek hidung, batuk atau bersin
Setelah menyentuh binatang, makanan hewan, kandang, atau kotorannya
Setelah menyentuh sampah
Jika tangan terlihat kotor atau berminyak

Merawat kulit ketika sering mencuci tangan
Sering mencuci tangan dapat membuat kulit merah, kering dan pecah-pecah. American Academy of Dermatology merekomendasikan beberapa hal berikut ini:

Melembabkan tangan segera setelah dicuci.
Oleskan krim tangan atau salep ke kulit secara menyeluruh, termasuk ujung jari dan kuku.
Gunakan minyak mineral atau petroleum jelly
Pakai pelembab bebas pewangi dan pewarna (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03