19 May 2024 - 13:47 13:47

Mantan PM Pakistan Imran Khan Dibebaskan

IPOL.ID – Mantan perdana menteri Pakistan Imran Khan tiba di kediamannya di Lahore pada Sabtu (13/5) setelah dibebaskan dengan jaminan.

Dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (13/5), pembebasan itu terjadi setelah Pakistan selama beberapa terakhir diwarnai oleh sejumlah drama hukum dan kerusuhan nasional terkait penangkapan Khan atas tuduhan korupsi.

Khan diserbu oleh puluhan pasukan paramiliter dan ditangkap pada selasa (9/5) saat tiba di pengadilan. Hal tersebut memicu bentrokan kekerasan antara pendukungnya dan pasukan keamanan di beberapa kota.

Penahanannya terjadi hanya beberapa jam setelah dia ditegur oleh pihak militer yang berkuasa. Khan menuding pihak militer terlibat dalam upaya pembunuhan terhadapnya tahun lalu.

Khan terjerat dalam banyak kasus hukum — yang sering membahayakan tokoh-tokoh oposisi di Pakistan — sejak ia digulingkan dari kekuasaan pada April 2022.

“Pemimpin partai terbesar di negara itu diculik dari pengadilan tinggi, dan di depan seluruh bangsa,” kata Khan kepada AFP dari gedung pengadilan.

“Mereka memperlakukan saya seperti seorang teroris, ini harus mendapat reaksi,” katanya tentang protes yang terjadi kemudian.

Khan akhirnya meninggalkan pengadilan yang dijaga ketat pada Jumat (12/5) malam, beberapa jam setelah sidangnya berakhir dan ketika pengunjuk rasa bentrok dengan polisi, yang membalas dengan gas air mata. Tembakan juga ditembakkan ke arah petugas, kata polisi.

Ribuan pendukungnya mengamuk di kota-kota sebagai protes atas penahanan Khan sejak Selasa, membakar bangunan, memblokir jalan dan bentrok dengan polisi di luar instalasi militer.

Sedikitnya sembilan orang tewas dalam kerusuhan itu, kata polisi dan rumah sakit.

Ratusan petugas polisi terluka dan lebih dari 4.000 orang ditahan, sebagian besar di Provinsi Punjab dan Khyber Pakhtunkhwa, menurut pihak berwenang. (VOA Indonesia/Far)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03