2 Februari 2023 - 17:41 17:41
728x90

Menko PMK Ingatkan Pentingnya Toleransi dan Kemajemukan Bangsa untuk Masa Depan Indonesia

WartaPenaNews, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengapresiasi Gerakan Suluh Kebangsaan. Gerakan itu menurutnya merupakan forum yang bermanfaat untuk berdiskusi bagi masa depan kehidupan dan kerukunan umat beragama.

“Saya mengapresiasi terbentuknya Gerakan Suluh Kebangsaan yang digagas oleh para pemuka agama dan saya harap gerakan ini juga dapat dijadikan momentum sekaligus forum yang bermanfaat untuk berdiskusi bagi masa depan kehidupan dan kerukunan umat beragama,” demikian yang disampaikan Menko PMK, Puan Maharani dalam pembukaan Rembug Nasional “Api Islam Untuk Peradaban Indonesia Masa Depan” yang digagas oleh Gerakan Suluh Kebangsaan dan bertempat di Ballroom Hotel Grand Sahid, Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Menko PMK juga menjelaskan bahwa bangsa Indonesia memiliki 714 suku, 1.100 bahasa, yang tersebar di lebih dari 17.000 pulau. Sebagai bangsa yang besar dan memiliki keberagaman yang harus dijaga, Menko PMK juga mengingatkan agar pesta demokrasi yang nanti akan dilaksanakan dapat dilakukan dengan perasaan gembira sebagai bagian dari satu bangsa, jangan sampai perbedaan dapat memecah belah bangsa.

Lebih lanjut dikatakannya, di dalam Indonesia modern istilah Api Islam mulai pertama dilontarkan oleh Bung Karno setelah mendalami Islam dalam masa-masa perjuangan, termasuk pemenjaraan dan pengasingan terhadap beliau pada masa penjajahan. Bagi Bung Karno, Islam adalah agama yang mendorong kemajuan bagi umat manusia dan semua bangsa di dunia.

Bung Karno juga senantiasa menyintesiskan Islam dan nasionalisme serta menjadikan keduanya sebagai inti dari nilai-nilai Pancasila agar dapat bersatu padu menjadi kekuatan bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan dan membangun negeri serta menghendaki bangsa Indonesia menjadi bangsa yang religius dengan cara saling hormat-menghormati dan hidup berdampingan dengan damai, serta bertoleransi antar umat beragama.

Diakhir sambutannya, Menko PMK mengatakan bahwa Pancasila, yang di dalamnya mengandung unsur-unsur ke-Islaman dan kebangsaan adalah laksana dua rel kereta api yang jika keduanya berdampingan dengan kokoh dan akan dapat mengantarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan segenap rakyatnya yang majemuk, baik dari aspek suku, agama, ras, etnis dan antar golongan sampai kepada tujuannya yaitu suatu tatanan masyarakat adil dan makmur serta bahagia lahir batin melalui pembangunan spritual dan material secara seimbang.

“Saya berharap forum ini akan menjadi “Api” dalam mengembalikan kejayaan Islam untuk peradaban masa depan khususnya di Indonesia dan umumnya Dunia Internasional. Mari kita wujudkan bahwa Islam adalah Rahmatan lil’alamiin,” tutup Menko PMK.

Hadir dalam acara ini Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, Moh. Mahfud MD serta Pimpinan Ormas Islam di Indonesia. (*/sol)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03