8 May 2024 - 14:50 14:50

Muhammadiyah: Vape Itu Haram

WartaPenaNews, Jakarta – Organisasi masyarakat Islam, Muhammadiyah, mengharamkan rokok elektronik atau biasa dikenal dengan vape. Menurut mereka, merokok e-cigarette termasuk kategori perbuatan merusak atau membahayakan.

Perbuatan merokok e-cigarette mengandung unsur menjatuhkan diri ke dalam kebinasaan dan merupakan perbuatan bunuh diri secara cepat atau lambat sesuai dengan Q.S. Al-Baqarah (2: 195) Q.S. An-Nisa’ (4: 29). Merokok vape juga disebut membahayakan diri dan orang lain.

Muhammadiyah juga menyatakan keharaman e-cigarette lebih kuat dibandingkan dengan rokok konvensional. Hal itu menurut mereka karena penggunaan vape tak lebih aman dibanding dengan rokok konvensional.

Kemudian, alasan lain merokok e-cigarette dalam jangka waktu yang lama akan menumpuk jumlah nikotin dalam tubuh. Selain itu, e-cigarette juga disebut telah terbukti disalahgunakan untuk mengonsumsi narkoba.

Nah, keluarnya fatwa haram untuk vape dari Muhammadiyah itu menimbulkan reaksi di kalangan warganet khususnya di Twitter. Banyak dari mereka yang mengeluarkan komentar-komentar lucu sehingga menjadi salah satu trending di jagat Twitter tanah air dengan tagar #FatwaHaramVape.

Misalnya pengguna Twitter dengan aku @UselessLazySlob. Dia bersyukur karena dirinya bukanlah warga Muhammadiyah melainkan Nahdlatul Ulama alias NU.

“Muhammadiyah nggak boleh rokok dan ngevape, untungnya saya NU,” tulis dia.

Begitu juga @irpan69742633. Dia menyatakan sebagai warga NU.

“Maaf saya mah NU,” tulisnya.

Tanggapan yang tidak kalah menggelitik ditulis oleh @dystapermata. “Kalo vape diharamin mending halalin aku aja (: #FatwaHaramVape,” tulisnya.

Satu lagi, netizen dengan akun @Ivanmhndr, mengupload video yang bakal membuat orang yang melihatnya tertawa. Sebab, dia mengunggah video orang yang sedang menyemprot nyamuk atau fogging. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
8 May 2024 - 11:34
90 Orang Tewas akibat Banjir Dahsyat di Brasil

WARTAPENANEWS.COM –  Tim penyelamat bergegas mengevakuasi orang-orang yang terdampar akibat banjir dahsyat di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan, pada Selasa (7/5/2024), dengan sedikitnya 90 orang tewas, ribuan

01
|
8 May 2024 - 11:15
Pemuda dan Janda Ini Digerebek Petugas Kepergok Hendak Mesum di Toilet Masjid

WARTAPENANEWS.COM –   Sepasang muda mudi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi, diamankan petugas karena diduga melakukan perbuatan mesum di toilet masjid. Aksi keduanya kepergok oleh petugas Satpol PP yang mendapat

02
|
8 May 2024 - 10:32
Lalu Lintas di Cakung Cilincing dan Tanjung Priok Macet Parah, Imbas dari Kecelakaan

WARTAPENANEWS.COM –  Arus lalu lintas di Jalan Cakung Cilincing dan sekitarnya menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara terpantau macet pada Rabu (8/5/2024) pagi. Hal tersebut seperti yang diunggah oleh salah

03