17 June 2024 - 00:46 0:46

Nike Didesak Tarik Sepatu Bertuliskan Lafadz Allah

WartaPenaNews, Jakarta – Lebih dari 33.000 orang telah menandatangani petisi daring mendesak Nike menarik sepatu Air Max, setelah muncul klaim sol pada sepatu ini ‘ada tulisan Allah dalam huruf Arab’.

Petisi di situs change.org tersebut diajukan oleh Saiqa Noreen yang mengatakan logo Air Max mirip dengan tulisan Allah dalam bahasa Arab. “Tulisan itu ditempatkan pada bagian bawah, tentu saja tulisan ini akan diinjak dan terkena tanah bahkan kotoran,” kata Noreen.

“Ini memalukan dan menjadikan prihatin bagaimana Nike membolehkan nama Tuhan ada pada sol sepatu ini menghina Muslim dan Islam. Islam mengajarkan kebaikan dan keadilan bagi semuanya,” tambahnya.

Noreen mendesak, Nike sesegera mungkin menarik sepatu ini secara global, karena desain yang ia katakan ‘menista agama’.

Ia juga meminta Nike untuk lebih berhati-hati dan melakukan pengawasan secara ketat sebelum meluncurkan produk ke pasar.

Menanggapi protes ini, Nike mengeluarkan pernyataan bahwa desain yang mirip dengan tulisan Allah tersebut, semata-mata kebetulan. “Nike menghormati semua agama dan kami menganggap masalah ini sangat serius,” kata Nike dalam satu pernyataan tertulis.

Disebutkan pula bahwa Logo AIR MAX dirancang sedemikian rupa untuk mencerminkan merek dagang Nike Air Max. “Hanya diniatkan untuk mencerminklan merek AIR MAX,” kata Nike seraya menambahkan tidak ada niat lain di luar keinginan untuk menekankan desain AIR MAX pada sol sepatu.

Ini bukan pertama kalinya Nike disorot gara-gara desain yang dikatakan mirip dengan tulisan Allah dalam huruf Arab. Produsen peralatan olahraga ini menghadapi masalah serupa pada 1997, yang memaksa mereka menarik tak kurang dari 38.000 pasang sepatu di seluruh dunia. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
15 June 2024 - 13:16
Libur Iduladha, Penumpang Kereta di Yogyakarta Meningkat

WARTAPENANEWS.COM – Jelang Idul Adha 2024, penjualan tiket kereta api jarak jauh keberangkatan awal stasiun di Daop 6 mengalami peningkatan. Total ada 88.401 tiket yang terjual untuk tanggal 13 Juni

01
|
15 June 2024 - 12:37
Sepanjang 2024, 1.008 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi di Bantul

WARTAPENANEWS.COM – Polres Bantul mencatat sepanjang Januari hingga Juni 2024 ini ada 1.008 kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bantul. Dari jumlah itu, 1.258 orang luka ringan dan 71 orang meninggal

02
|
15 June 2024 - 12:14
Jalanan di Jakarta Lengang saat Libur Panjang Idul Adha

WARTAPENANEWS.COM – Long weekend Hari Raya Idul Adha membuat sejumlah ruas jalan di Jakarta tampak lengang dari padatnya kendaraan. Idul Adha akan dirayakan pada Senin (17/6) mendatang. Libur panjang digunakan

03