19 May 2024 - 13:45 13:45

Orang Korea Doyan Makan Tapi Sulit Gemuk, Ini Alasannya

WartaPenaNews, Jakarta – Kamu pasti tak asing dengan istilah mukbang. Mukbang adalah sebuah siaran yang menampilkan seseorang memakan sejumlah makanan dalam jumlah cukup besar. Mukbang sudah dikenal di Korea Selatan sejak tahun 2010. Inilah mengapa banyak warga Korea yang membuat siaran mukbang.

Dengan porsi yang bisa dibilang cukup besar, kamu pasti sering menemukan banyak dari mereka yang bertubuh ideal. Tidak terlalu kurus atau gemuk. Bukan hanya mereka yang gemar mukbang, masyarakat Korea rata-rata memang memiliki tubuh yang ideal.

Tubuh ideal bukan hanya bisa dilihat di drama atau idol Korea. Orang Korea memiliki standar tersendiri khususnya dalam berat badan. Mereka menganggap hal tersebut sedikit sensitif sehingga berat badan menjadi perhatian sebagian orang. Lalu, bagaimana bisa mereka menjaga berat badan mereka?

 

1.Makan Di Rumah
Jika kamu penggemar drama Korea, kamu pasti kerap kali menemukan adegan di mana para pemain memasak dan makan di rumah. Meski makanan sederhana, mereka tetap menikmatinya. Dan jangan terkejut jika kamu melihat menu makanan yang mereka buat. Mereka biasanya membuat makanan dengan menu seimbang. Nasi, lauk, dan sayur atau sup adalah menu yang biasa kita lihat di meja makan orang Korea.

Inilah alasan pertama mengapa mereka tetap sehat dan bisa mengontrol berat badan mereka. Selain itu, makan di rumah juga akan lebih bersih dan hemat jika makan di luar.

2. Selalu Mengkonsumsi Air Putih Dan Teh
Dibandingkan dengan minuman bersoda, jus kemasan, atau minuman manis lainnya, air putih dan teh barley adalah minuman terlaris di Korea. Hal ini membuat kadar gula dan nafsu makan mereka bisa terjaga dengan baik. Air putih dan teh juga dipercaya memberikan efek yang baik bagi kulit.

3. Konsumsi Makanan Rendah Kalori Dan Bergizi Tinggi
Meski kamu sering melihat seseorang melakukan mukbang makanan tak sehat, bukan berarti makanan tersebut ia konsumsi tiap hari lho. Sehari-hari, orang Korea tetap menjaga asupan makanan mereka dengan memilih makanan rendah kalori dan bergizi tinggi. Jika kamu bandingkan dengan Indonesia, menu makanan Indonesia kebanyakan tinggi kalori, tinggi gula namun gizinya rendah.

Sayuran menjadi menu yang paling disukai masyarakat Korea. Bayam, tauge, dan timun adalah beberapa sayuran yang jarang absen di atas meja makan. Tak hanya sayuran segar, sayuran fermentasi seperti kimchi dan acar juga jadi menu favorit masyarakat Korea lho.

4. Mengurangi Konsumsi Junk Food
Sama seperti alasan pertama, memasak dan makan di rumah menjadi alasan mengapa orang Korea bisa menjaga berat badan dengan baik. Bukan tidak suka, orang Korea jarang mengkonsumsi junk food karena tidak terlalu banyak restoran yang menyediakan makanan tersebut. Dibandingkan restoran junk food, sepertinya restoran lokal yang menjual makanan khas Korea lebih banyak dan lebih laris.

5. Memperhatikan Asupan Protein
Rahasia menjaga berat badan adalaj asupan makanan yang seimbang. Jangan hanya karbohidrat yang kamu perhatikan. Kamu juga harus memperhatikan protein baik hewani maupun nabati. Dalam menu makanan Korea, daging dan seafood sebagai sumber protein hewani menjadi salah satu bahan makanan yang harus ada. Sedangkan tahu atau tofu menjadi sumber protein nabati dalam menu masakan Korea.

6. Jarang Mengkonsumsi Makanan Yang Digoreng
Makanan yang digoreng memang paling menggugah selera. Tapi orang Korea tidak terlalu menyukainya. Makanan yang digoreng akan menyerap minyak sehingga kalorinya menjadi sangat tinggi. Apalagi jika makanan tersebut dibalut tepung, sudah tinggi karbohidrat, tinggi minyak pula. Orang Korea jarang mengkonsumsi makanan berminyak. Mereka memasak makanan mereka dengan cara digrill, rebus, dibuat sup, atau disteam. Makanan yang digoreng juga tidak terlalu baik untuk kulit lho.

7. Mengurangi Makanan Manis
Setelah makan berat, biasanya kita menginginkan makanan manis seperti kue atau es krim. Belum lagi sekarang marak berbagai menu bubble tea dan makanan manis lainnya. Di Korea, kebanyakan masyarakatnya akan memilih buah-buahan sebagai makanan penutup jika dibandingkan dengan kue atau es krim. Jika bukan buah, mereka akan memilih kopi yang bisa menekan nafsu makan.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03