19 May 2024 - 19:25 19:25

Pelayanan Perpanjangan SIM Mulai Dibuka Kembali

WartaPenaNews, Jakarta – Mulai, Sabtu 30 Mei 2020, Polri resmi membuka kembali layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) untuk warga.

Bagi para warga yang masa berlaku SIM-nya habis pada 24 Maret sampai 29 Mei 2020 diberi dispensasi perpanjangan SIM. Artinya, bagi warga tersebut tidak perlu mengikuti tes guna penerbitan SIM baru sebagaimana aturannya apabila terlambat memperpanjang masa berlaku SIM. Mereka diberikan dispensasi tetap mengikuti proses perpanjangan, bukan penerbitan SIM baru.

“Bagi peserta uji SIM tersebut tetap diproses dengan perpanjangan bukan penerbitan SIM baru,” kata Kepala Sub Direktorat SIM Ditregident Korps Lalu Lintas Polri, Komisaris Besar Polisi Singgamata saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu 30 Mei 2020.

Pelayanan pengurusan SIM di wilayah hukum Polda Metro Jaya akan berlangsung selama lima jam selama tatanan new normal di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona. Jam operasional Senin sampai Jumat jam 08.00 WIB sampai 13.00 WIB, hari Sabtu jam 08.00 WIB sampai 12 WIB.

Meski begitu, polisi diminta tetap mengedepankan standar protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona terkait pembukaan kembali pelayanan ini. Terkait hal tersebut, dia menyebut pihaknya akan mematuhi aturan protokol kesehatan yang akan diterapkan mulai dari petugas mengenakan seragam berlengan panjang, mengecek suhu tubuh sebelum bertugas, menggunakan masker, menggunakan face shield, hingga menjaga jarak.

Kemudian, pada kantor pelayanan akan menyediakan fasilitas cuci tangan atau hand sanitizer, hingga melakukan pembersihan dan disinfeksi secara berkala. Intinya, mereka akan mengikuti rencana implementasi skenario menuju tatanan kehidupan normal baru atau new normal di tengah pandemi COVID-19 yang akan dilakukan pemerintah.

“Intinya, pelayanan sudah berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat menuju new normal,” kata dia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03