18 May 2024 - 19:36 19:36

Peneliti Buat Kemajuan dalam Riset Varietas Kopi Alam tanpa Kafein

IPOL.ID – Institut riset kopi di Brazil berhasil memulai tahapan menentukan dalam proyek pengembangan varietas kopi Arabika yang secara alami tidak memiliki kandungan kafein. Para peneliti memandang perkembangan dalam proyek penelitian yang sudah berlangsung selama dua dekade itu, punya potensi komersial yang signifikan.

Program itu dikembangkan oleh Institut Agronomi Campinas (Instituto Agronomico de Campinas/IAC), pusat penelitian kopi terkemuka yang sudah sudah menyediakan banyak tanaman kopi dengan produktivitas tinggi. Varietas-varietas kopi dari IAC membantu Brazil menjadi penghasil utama dengan menyuplai sepertiga dari perdagangan di pasar kopi global.

Para peneliti di IAC mengatakan mereka memulai uji coba lapangan regional dari beberapa varietas yang telah mereka kembangkan selama beberapa tahun. Mereka mengembangkan varietas itu dengan menyilangkan tanaman kopi berbeda yang secara alami memiliki kandungan kafein sangat rendah, menggunakan bank plasma nutfah di fasilitas mereka.

Jika berhasil, varietas yang dihasilkan bisa menemukan ceruk pasar di wilayah-wilayah dengan konsumsi kopi yang besar, seperti Eropa dan Amerika Serikat. Konsumen-konsumen di negara-negara tadi diharapkan akan lebih memilih kopi alami tanpa kandungan kafein dibandingkan merek-merek kopi tanpa kafein yang dijual saat yang merupakan hasil proses kimia atau industri.

Perusahaan-perusahaan yang menjual kopi tanpa kafein juga bisa mendapat keuntungan dari pengurangan biaya karena mereka tidak perlu proses industri untuk menghilangkan kandungan kafein dari varietas kopi yang biasanya.

“Hasil yang kami dapat sejauh ini tampak menjanjikan. Kami optimis,” kata Julio Cesar Mistro, peneliti yang bertanggung jawab atas proyek itu di IAC.

Beberapa klon yang dihasilkan di pusat itu ditanam di sejumlah wilayah di Brazil. Biasanya, pohon kopi butuh dua hingga tiga tahun untuk menghasilkan buah pertama. Jadi, masih dibutuhkan beberapa tahun ke depan bagi para peneliti untuk memanen kopi dan mengujinya.

Konsumsi kopi tanpa kafein hanya berkisar 10 persen di pasar AS, menurut data Asosiasi Kopi Nasional (National Coffee Association/NCA)

Meski banyak konsumen minum kopi khusus untuk mencari pasokan energi dari kafein, tapi beberapa orang tidak bisa mengonsumsi kafein. Ada konsumen yang lebih memilih “decaf atau tanpa kafein” bila minum kopi saat menjelang malam untuk menghindari potensi gangguan tidur.

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03