20 May 2024 - 02:17 2:17

Pengaduan Konsumen Terkait E-Commerce Melonjak

WartaPenaNews, Jakarta – Pengaduan konsumen terhadap perdagangan secara elektronik atau e-commerce melonjak pesat. Hal itu terungkap berdasarkan catatan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) sepanjang tahun ini.

Ketua Komisi III BPKN, Rolas Budiman Sitinjak mengatakan, pada 2019, pengaduan terkait e-commerce hanya 32 laporan, sedangkan pada 2020 mencapai 282 laporan.

Menurut dia, lonjakan itu terjadi karena semakin banyaknya laporan konsumen atau masyarakat terhadap tindak penipuan atau phising maupun one time password (OTP).

“Insiden itu yang paling sering terjadi OTP ini jadi isu yang tren. OTP atau phising itu jadi orang enggak merasa belanja tapi saldonya berkurang,” katanya, Senin, 14 Desember 2020.

Rolas menekankan, kondisi itu pada dasarnya berkaitan erat dengan kelalaian masyarakat dalam mengamankan data-data pribadinya.

“Ini karena ada beberapa hal pertama konsumennya tidak berhati-hati. Ini kan bicara password, bicara konsumen yang kurang cerdas dan kurang berhati-hati,” tutur dia.

Persoalan selanjutnya yang menjadi sering dilaporkan konsumen sepanjang tahun ini atau selama masa pandemi COVID-19 adalah terkait layanan refund.

“Ini ternyata pelaku usaha di Indonesia masih pelaku baik tapi kenapa ada persoalan refund itu,” tuturnya.

Rolas menilai, dari berbagai laporan yang masuk, permasalahan refund tersebut terjadi akibat kesalahan konsumen dalam mengisi data-data untuk mendapatkan uang kembali.

“Konsumen itu salah input atau namanya, rekeningnya salah itu persoalan yang sering terjadi secara pelaku usaha mereka sudah melakukan bagian yang paling baik,” ungkapnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03