6 May 2024 - 03:15 3:15

Pengelola Minimarket Diminta Pasang CCTV untuk Cegah Perampokan

WartaPenaNews, Jakarta – Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengimbau pengelola minimarket di wilayah hukumnya bisa memasang kamera CCTV (Closed Circuit Television) untuk mencegah aksi perampokan. Pengelola juga diminta menempatkan petugas keamanan guna menjaga keamanan minimarket.

Hal ini tak lain guna menghindari aksi para perampok yang menyasar minimarket selama wabah virus corona atau covid-19. Sebagai contoh kasus perampokan di minimarket Jalan Masjid Al Wustho, Duren Sawit, Jakarta Timur, yang salah satu perampoknya terpaksa ditembak mati karena melawan.

“Kita panggil para pengusaha (minimarket) untuk memaksimalkan pemasangan CCTV dan siapkan satpam,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 23 April 2020.

Baca juga: beIN Sport Ingin Gagalkan Pembelian Newcastle Utd

Pergeseran kejahatan perampokan ke minimarket selama wabah virus corona lantaran warga lebih banyak berkegiatan di rumah selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Alhasil, para pelaku perampokan kesulitan membobol rumah warga. Namun, warga diminta tidak usah panik. Sebab, polisi membentuk satgas begal dan preman yang tidak segan menindak tegas komplotan begal, preman, dan perampok yang beraksi selama pandemi Covid-19.

“Memang situasi seperti ini, ada pergeseran, sekarang sudah jarang membongkar rumah karena masyarakat sudah di rumah saja,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Polda Metro Jaya menyebut ada pergeseran modus operasi tindak pidana perampokan di wilayah hukumnya saat wabah virus corona atau covid-19 merebak. Para pelaku perampokan kini mengincar minimarket atau toko yang menjual kebutuhan pokok sebagai sasarannya.

Sebagai salah satu contohnya belum lama ini terjadi dua aksi perampokan di minimarket di Jalan Masjid Al Wustho, Duren Sawit, Jakarta Timur, yang salah satu perampoknya terpaksa ditembak mati karena melawan.

“Memang betul ada pergeseran, ada kegiatan-kegiatan seperti curat (pencurian dengan pemberatan) termasuk di dalamnya beberapa minimarket yang dijadikan sasaran. Karena sekarang rumah kan sudah agak jarang, pergeseran-pergeseran itu ada,” ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, di Markas Polda Metro Jaya, Senin 20 April 2020. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03