2 Februari 2023 - 19:11 19:11
728x90

Penting! Ini 5 Tanda Serangan Jantung yang Harus Kamu Ketahui

WartaPenaNews, Jakarta – Seorang pria dalam keadaan normal sedang menyusuri jalan, seketika tiba-tiba ia mencengkram dadanya dan terjatuh. Begitulah cara serangan jantung pada pria biasanya digambarkan dalam film. Tetapi pada kenyataannya, tidak selalu seperti itu.

Meskipun serangan jantung terjadi tanpa peringatan apapun, gambaran itu jauh lebih jarang dari yang Anda pikirkan. Serangan jantung pada umumnya datang dengan tanda-tanda peringatan.

Memperhatikan tanda-tanda yang tidak biasa itu dengan serius dapat membantu meminimalisir terkena serangan jantung dan bahkan menyelamatkan hidup Anda.

Dilansir Menshealth, berikut adalah lima tanda tak terduga yang harus diperhatikan ketika serangan jantung tiba.

Anda mudah lelah secara fisik
Jika aktivitas sehari-hari Anda tiba-tiba terasa sangat sulit atau Anda terlalu lelah untuk melakukan tugas seperti biasanya, sudah saatnya segera periksa diri ke dokter.

Merasa sangat lelah dapat menandakan kelemahan ventrikel kiri jantung Anda, yang merupakan otot utama yang bertanggung jawab untuk memompa darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Jika berhenti bekerja, jantung tidak dapat memompa dengan benar, yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Anda mengalami disfungsi ereksi
Ereksi terjadi ketika lebih banyak darah mengalir ke penis yang membuatnya keras. Tetapi jika pembuluh darah itu rusak, aliran darahnya menjadi tidak leluasa. Anda cenderung akan mengalami ereksi atau mempertahankan ereksi, ketika terangsang. Itulah penyebab utama disfungsi ereksi.

Jika pembuluh darah di sana rusak, ada kemungkinan pembuluh darah di dekat jantung Anda juga bisa rusak. Penyebab utama kerusakan pembuluh darah ini ialah penumpukan plak. Ketika itu terjadi, Anda bisa berisiko terkena serangan jantung.

Ketika hal itu terjadi sekali atau dua kali kemungkinan dikarenakan Anda lelah atau stres. Tetapi jika masalah terus berlanjut setelah beberapa kali, itu bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius.

Kaki atau pinggul Anda kram saat berjalan
Sensasi kram atau terbakar di betis Anda yang perlahan-lahan naik ke paha dan pinggul bisa menjadi buruk. Ini adalah tanda umum penyakit arteri perifer, yakni penyempitan arteri yang membatasi aliran darah ke anggota tubuh, perut, dan kepala Anda.

Ketidaknyamanan itu disebabkan ketika darah tidak cukup mengalir melalui kaki Anda. Banyak pasien mengaku tidak bisa berjalan dengan normal, atau harus berhenti untuk beristirahat sebelum mereka bisa berjalan lagi tanpa gejala. Hal ini bisa berarti Anda berisiko terhadap masalah potensi serangan jantung.

Anda memiliki masalah mendengkur yang serius
Mendengkur keras saat tidur, bangun terengah-engah, atau merasa lelah ketika bangun tidur, semuanya bisa menjadi tanda Anda menderita apnea tidur. Apnea tidur merupakan gangguan tidur yang mengganggu pernafasan seseorang saat tidur.

Jika tidak segera ditangani, itu dapat meningkatkan peluang Anda terkena serangan jantung. Mereka yang berhenti bernapas dapat secara serius menekan tubuh Anda, meningkatkan tekanan darah, menyebabkan jantung Anda berdetak tidak teratur, serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

Perut Anda terasa tidak nyaman
Anda pernah mengalami mual, gangguan pencernaan, atau perasaan “bersendawa” yang tidak akan hilang merupakan pertanda gangguan di perut. Tapi, itu juga bisa menandakan masalah dengan jantung Anda.

Sistem saraf di saluran pencernaan Anda terkait erat dengan saraf dari jantung. Sebagai hasilnya, masalah yang mungkin muncul di jantung terkadang dapat menimbulkan ketidaknyamanan di perut.

Meski demikian, ada cara untuk mengetahui kondisi perut dari suatu hal yang lebih serius. Biasanya mual yang disebabkan oleh serangan jantung akan bertambah buruk dengan aktivitas fisik yang dilakukan dan mereda ketika Anda kembali beristirahat. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03