29 Januari 2023 - 06:00 6:00
728x90

Polemik Tarif Jalan Tol Trans Jawa

WartaPenaNews, Jakarta – Para pengusaha logistik ramai-ramai mengeluhkan mahalnya tarif Tol Trans Jawa. Untuk sekali angkut kebutuhan logistik saja bisa mencapai Rp1,3 jutaan.

Keluhan mereka ditanggapi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Bahwa, tarif tol Trans Jawa sudah ada penyesuaian tarif khusus untuk kendaraan logistik. Penyesuaian tarif dilakukan melalui pemangkasan golongan. Semula ada empat golongan tarif, namun setelah ada penyesuaian tarif golongan untuk kendaraan logistik kini hanya tinggal dua saja.

Pertama adalah tarif golongan II dan III A digabungkan menjadi golongan II. Sedangkan golongan IV dan V digabungkan menjadi golongan IIIA oleh pemerintah. “Sebetulnya dengan integrasi, logistik itu turun sudah banyak ya. Yakni golongan I, II, III, IV, dan V. Golongan I 10, gol II 1,5, gol III 2, sekarang hanya tiga golongan. Itu turunnya sudah banyak,” kata Basuki, di Jakarta, Senin (11/2).

Basuki memahami bahwa tarif tol tersebut masih terbilang mahal. Begiupun kuliner di jalan tol lebih mahal ketimbang di Pantura. “Jadi tidak semata-mata tarif tol saja menurut saya. Mereka bisa ganti ban di mana saja, jadi yang gitu-gitu juga jadi perhatian,” ujar Basuki.

Terpisah, Ekonom Universitas Indonesia (UI) Fithra Faisal menilai, kenaikan tarif tol karena mengingat tingginya biaya pembangunan jalan tol di Indonesia. Apalagi banyak tol yang baru dibangun sehingga belum ada pengembalian modal.

“Itu relatif karena ketika kita membangun jalan tol itu mahal, intinya harus ada potensi pengembaliannya yang juga kalau dilihat rasio opex dan capexnya itu sebenarnya cukup mahal, apalagi di daerah yang mahal harga tanahnya, jadi memang cukup tinggi tarifnya,” kata Fithra.

Menurut Fithra, dibandingkan negara ASEAN, kata Fithra tol di Indonesia masih lebih rendah. “Kalau dibandingkan dengan ASEAN itu relatif, kalau dibandingkan dengan Singapura, tentu mereka lebih tinggi. Tapi dibandingkan Malaysia dan Vietnam ya sebanding,” ujar dia.

Sedangkan pengamat ekonomi, Bhima Yudhistira mengatakan, solusi yang harus dilakukan pemerintah untuk membenahi persoalan tarif tol adalah harus memberikan tarif diskon, dimana yang mengoperasikannnya adalah Jasa Marga khusus untuk logistik. “Dan pemerintah juga harus melakukan subsidi untuk tarif logistik selama masih ada truk logistik,” ujar Bhima.

Selain itu, Bhima juga menyarankan agar pemerintah juga harus memperlebar jalan arteri agar bisa digunakan truk pengangkut logistik. Karena tidak semua truk menggunakan jalan tol yang hanya dengan kecepatan tempuh 30-40 KM. “Ini juga menjadi pertimbangan (pelebaran jalan arteri). Perlu dicatat juga, solusi lainnya dibuat tol laut,” pungkas Bhima. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 21:36
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak

wartapenanews.com -  " Saat dunia krisis energi tak terbaharukan, sejumlah kebijakan dan upaya dilakukan pemerintah dan staken holder dengan menghadirkan alternatif energi alam yang ramah lingkungan. Energi alam terbaharukan ini

01
|
28 Januari 2023 - 21:31
Rayakan Hari jadi ke 110 Tahun Sharp Gaungkan Kampaye Pelestarian Lingkungan ke Siswa Sekolah

wartapenanews.com - Berdasarkan data yang dikutip dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama tahun 2022 volume sampah di Indonesia mencapai 17.729.071 sampah per tahunnya. Sebesar 18,3%-nya adalah sampah plastik. Saat

02
|
28 Januari 2023 - 12:40
Biaya Haji Naik Jangan Panik, Arrum Haji Pegadaian Jadi Solusi Wujudkan Niat Baik

wartapenanews.com -  Usulan kenaikan biaya haji tengah menjadi perbincangan publik. Tak hanya memakan waktu tunggu keberangkatan yang semakin lama, melainkan biaya haji yang nyaris naik dua kali lipat dibandingkan tahun

03