28 Januari 2023 - 06:53 6:53
728x90

Presiden Minta Pertamina Turunkan Harga Avtur

WartaPenaNews, Jakarta – Presiden Jokowi ikut menanggapi terkait mahalnya harga tiket maskapai belakangan ini. Jokowi meminta agar Pertamina untuk menurunkan harga avtur. Pasalnya, Pertamina disebut-sebut melakukan monopoli karena sebagai pemain tunggal.

Mantan Gubernur DKI itu mengancam jika tidak segera diturunkan, maka akan memasukkan kompetitor lain yakni dari swasta agar bisa bersaing dengan Pertamina. “Pilihannnya hanya satu, harga (avtur) bisa sama dengan harga internasional tidak. Kalau tidak bisa, saya akan masukkan kompetitor lain, sehingga terjadi kompetisi. Karena ini memang mengganggu sekali,” kata Jokowi di Jakarta, Selasa (12/2).

Senada dengan Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan setuju dengan pernyataan Jokowi bahwa Pertamina telah melakukan monopoli harga avtur di Bandara. Menurut Luhut, Kasus harga avtur mahal memang sudah menjadi persoalan lama yang harus segera diselesaikan. “Avtur ini kan kasus lama itu, sudah berapa tahun itu, jadi memang ya ada monopoli dari Pertamina di lapangan terbang,” kata Luhut.

Jadi, solusi untuk mencari jalan keluar kata Luhut adalah harus ada operator penjual avtur lain selain Pertamina di Bandara. Tetapi, kata Luhut, juga perlu dihitung ulang terkait dengan tugas Pertamina menyedikan bahan bakar minyak di seluruh bandara di Indonesia.

“Jangan serta merta kita bandingkan dengan Singapura ya nggak adil juga. Singapura cuman satu wilayah. Kita banyak wilayaj,” ujar Luhut.

Janji Luhut, pemerintah akan mencarikan jalan keluar agar pihak swasta juga ikut bermain menjual avtur. “Nanti deh dicari jalan keluarnya. Presiden tuh nggak mau monopoli. Tadi BUMN juga dibilangin, supaya nggak BUMN saja yang kerja,” ungkap Luhut.

Menanggapi desakan Jokowi yang menginginkan harga avtur turun, Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Masud Khamid mengatakan, bisa kemungkinan harga avtur akan turun. “Ya kemungkinannya seperti itu (harga turun), seperti itu nanti kita lihat,” kata Masud, di Jakarta, kemarin.

Penurunan harga avtur, kata Masud, tidak akan membuat rugi Pertamina. Ini karena perseroan merupakan perusahaan minyak dan gas yang terintegrasi. “Keuntungan itu bisa dari hulu dan bisa dari hilir, dari lifting. Dari hilir penjualan selisih pembelian crude sehingga variabelnya satu harga, ketiga efisiensi operasi,” ujar Masud. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 06:29
Dokter Sebut Campak Lebih Menular Tujuh Kali Lipat Dibanding COVID-19

wartapenanews.com - Pakar kesehatan Prof Dr dr Hinky Hindra Irawan Satari, Sp. A, Subsp. I.P.T., M.TropPaed mengatakan penyakit campak lebih menular dari COVID-19 dengan daya tular pada 12 hingga 13

01
|
28 Januari 2023 - 06:09
Kasus Kecelakaan Maut Mahasiswi Cianjur, Polisi Janji Bakal Transparan

wartapenanews.com - Polda Jawa Barat janji transparan dalam penyelidikan dan pengungkapan kasus dugaan tabrak lari yang mengakibatkan seorang mahasiswi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia. Kecelakaan maut ini jadi

02
|
27 Januari 2023 - 12:09
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan

wartapenanews.com - Enam orang mantan anak buah Ferdy Sambo dijadwalkan menjalani sidang pembacaan tuntutan terkait status terdakwa mereka dalam perkara dugaan obstruction of justice atau perintangan penyidikan pembunuhan berencana Brigadir

03