19 May 2024 - 13:46 13:46

Polisi Akan Sita Sepeda Bagi Pesepeda yang Membandel

WartaPenaNews, Jakarta – Kepolisian akan memberlakukan sanksi tilang terhadap pesepeda yang melakukan pelanggaran.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, sanksi tilang kepada pesepeda yang membandel bisa berupa sepeda atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pelanggar yang akan disita.

“Barang bukti apa yang akan disita, apakah sepedanya, apa KTP-nya,” kata Sambodo di Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya, Lido, Sukabumi, Jawa Barat seperti diberikatan situs berita Viva.co.id, Rabu (2/6/2021).

Menurut Sambodo, pihaknya akan kembali melakukan koordinasi dengan Criminal Justice System, pekan depan. Hal ini guna membahas Standar Operasional Prosedur (SOP) penilangan kepada pesepeda bandel.

Setelah itu, kepolisian akan melakukan sosialisasi soal apa yang akan disita jika pesepeda melanggar. Tapi, Sambodo menekankan, sebelum melakukan penilangan, pihaknya tetap mengedepankan upaya edukasi dan preventif dengan meminta pesepeda tidak keluar jalur sepeda.

“Penindakan itu last option kalau misalnya edukasi dan upaya preventif serta patroli yang dilakukan belum bisa mengubah keadaan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, beberapa kesepakatan dihasilkan dalam rapat terbatas antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Polda Metro Jaya terkait road bike di ruas jalan Ibu Kota.

“Hasil rapat sementara lintasan jalan non tol Kokas (Kota Kasblanka)-Karet itu menjadi lintasan permanen road bike setiap Sabtu-Minggu saja,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI, Senin, 31 Mei 2021.

Menurutnya, diperbolehkannya jalur road bike Karet-Kokas itu mulai dari jam 05.00 WIB-08.00 WIB khusus untuk Sabtu-Minggu.

Untuk lintasan road bike Sudirman-Thamrin pada Senin-Jumat diperbolehkan 05.00 WIB sampai jam 6.30 WIB.

“Selain waktu tersebut dilarang. Seluruhnya wajib menggunakan jalur sepeda permanen selain di jam itu. jelas ya,” ujarnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03