28 Januari 2023 - 06:29 6:29
728x90

Politik Identitas dan Isu SARA Berpotensi Ancam Pemilu 2019

WartaPenaNews, Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengatakan bahwa menguatnya politik identitas menjadi salah satu potensi yang cukup rawan mengancam pelaksanaan kontestasi politik tersebut.

“Pertama menguatnya politik identitas. Masih menggunakan isu SARA, isu agama sebagai propaganda politik,” ujar Karyono dalam diskusi ‘Potensi Ancaman dan Keamanan Pemilu Serentak 2019’, di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2019).

Ia juga menyoroti adanya teror terhadap situasi keamanan yang terus menerus terjadi.

Karyono mencontohkan teror pembakaran kendaraan bermotor yang terjadi di Solo, Temanggung, Semarang hingga menyasar Jawa Timur.

Ledakan di lokasi nobar dalam debat pilpres kedua juga turut disinggungnya sebagai salah satu ancaman yang muncul jelang Pemilu 2019.

Lebih lanjut, pria yang juga pemerhati sosial politik itu juga menilai ada penggiringan opini terutama terkait seolah pemilu 2019 dilakukan dengan berbagai kecurangan.

Hal ini mengemuka mulai dari isu daftar pemilih tetap ganda, e-KTP tercecer, kotak suara terbuat dari kardus, hingga hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos.

Dirinya menilai, politik identitas dan ancaman teror ini patut diwaspadai. Pasalnya, kedua hal itu berpotensi menghancurkan demokrasi.

“Berbagai bentuk teror dari yang halus hingga paling ekstrem bisa jadi tidak berdiri sendiri tetapi bisa jadi berkorelasi dengan kepentingan politik dalam pemilu 2019,” tandas Karyono. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 06:09
Kasus Kecelakaan Maut Mahasiswi Cianjur, Polisi Janji Bakal Transparan

wartapenanews.com - Polda Jawa Barat janji transparan dalam penyelidikan dan pengungkapan kasus dugaan tabrak lari yang mengakibatkan seorang mahasiswi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia. Kecelakaan maut ini jadi

01
|
27 Januari 2023 - 12:09
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan

wartapenanews.com - Enam orang mantan anak buah Ferdy Sambo dijadwalkan menjalani sidang pembacaan tuntutan terkait status terdakwa mereka dalam perkara dugaan obstruction of justice atau perintangan penyidikan pembunuhan berencana Brigadir

02
|
27 Januari 2023 - 11:04
Penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Terganggu karena Cuaca Buruk

wartapenanews.com -  Cuaca buruk berupa hujan yang disertai angin kencang yang menerjang wilayah Kota Manado, Sulawesi Utara, berdampak buruk terhadap penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado. Sebanyak tujuh penerbangan harus

03