25 April 2024 - 18:04 18:04

Polri Belum Tetapkan Tersangka Tragedi Kanjuruhan

wartapenanews.com – Mabes Polri telah memeriksa 32 orang saksi dari anggota Polri dan pengamanan eksternal yang turut terlibat dalam menjaga keamanan saat tragedi Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. Namun pemeriksaan yang dilakukan sejauh ini belum sampai pada penetapan tersangka.

“32 saksi internal yang terlibat pengamanan di Kanjuruhan maupun dari eksternal. Masih ada beberapa hal yang perlu didalami,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, kepada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Dia menyebut, selain pemeriksaan adanya dugaan tindak pidana yang dipimpin Bareskrim dan Polda Jawa Timur, Polri juga memeriksa secara paralel dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh anggota Polri yang bertugas saat peristiwa tragis itu terjadi.

“Tim audit investigasi maupun Propam, dan tim penyidik gabungan Mabes Polri dan Polda Jatim. Kalau tim audit investigasi Propam dan Itwasum, berkaitan dengan pelanggaran kode etik,” ujarnya.

Polri telah memeriksa Direktur PT Liga Indonesia Baru Akhmad Jadian Lukita, Ketua PSSI Jawa Timur Ahmad Riyadh, Ketua Panitia Penyelenggara Arema dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur dalam pengusutan tragedi Kanjuruhan yang berdasarkan data terkini telah menewaskan 131 orang. Korban tewas akibat tindakan represif aparat yang melaksanakan pengamanan.

“Tim investigasi Polri dari Bareskrim akan melakukan pemeriksaan beberapa saksi antara lain dari Direktur LIB, kemudian ketua PSSI Jawa Timur, kemudian ketua Panitia penyelenggara dari Arema, kemudian Kadispora provinsi Jawa Timur, yang Insha Allah akan dimintai keterangannya oleh tim penyidik hari ini,” jelasnya.

Di sisi lain, Tim Investigasi Polri dan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) juga memeriksa 32 titik kamera pengawas atau CCTV yang berada di sekitar Stadion Kanjuruhan, Malang. Enam ponsel milik korban. Pemeriksaan CCTV dan ponsel dimaksudkan untuk mencari sejumlah petunjuk terkait tragedi Kanjuruhan. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03