24 April 2024 - 13:24 13:24

Polri Ungkap 15 Daerah Rawan Konflik Pemilu

WartaPenaNews, Jakarta – Polri menyampaikan ada 15 daerah paling rawan gangguan selama Pemilu 2019 berlangsung. Di urutan pertama, daerah yang paling rawan adalah Papua Barat.

Sejumlah data terbaru menunjukkan adanya potensi konflik, salah satunya upaya kelompok penganggu seperti Papua. Hal itu disampaikan Karopenmas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo di Aula Mabes Polri, Jakarta, Kamis (3/1).

“Ada 15 wilayah yang tertinggi, di antaranya Papua Barat, Papua, Maluku Utara, Aceh, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Lampung, Sumatera Barat, Jambi, DIY, NTB, NTT, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah,” ungkap Dedi.

Jenderal bintang satu itu menjelaskan, tingkat kerawanan ini diukur dari sejumlah parameter seperti konteks sosial politik, penyelenggaraan yang bebas dan adil, kontestasi, dan partisipasi. “Terkait kerawanan, di Papua Barat terkait gangguan dan ancaman dari kelompok KKP,” ucap Dedi.

Dedi mengatakan TNI dan Polri juga melakukan pemetaan di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota. “Semua sudah kita lakukan mapping dan profiling. Kerawanan kira-kira apa saja yang nanti akan terjadi, dan pada tahapan apa saja yang harus kita all out,” ungkap Dedi.

Intinya,sambung dia , tingkat kerawanan Pemilu Serentak 2019 nantinya jauh lebih besar dibandingkan saat Pilkada 2018 silam. Pemilu 2019 lebih rumit, kompleks, dan massal dibandingkan Pemilu lalu. Sebab, secara serentak akan dilakukan pemilihan anggota legislatif, presiden dan wapres.

“Tingkat kerawanan pun berbeda. Kalau pilkada hanya tingkat daerah, kalau ini sampai kecamatan, kabupaten, provinsi, rawan,” kata Dedi.

Polri juga melakukan giat patroli siber selama masa kampanye. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya black campaign atau kampanye negatif dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengungkapkan, Polri tengah menyiapkan rancangan pengamanan daerah pemilihan. Nantinya di setiap Dapil akan ditempatkan perwira yang didatangkan langsung dari Polda. Perwira itu akan menjadi koordinator pengamanan Dapil.

“Perwira tersebut yang kemudian bersama Muspida akan melakukan serangkaian pencegahan konflik agar Pemilu tetap lancar,” tandasnya. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 12:17
Imbas Tebak-tebakan ‘Hewan Mengaji’, TikToker Galih Loss Berakhir di Jeruji Besi

WARTAPENANEWS.COM -  Polda Metro Jaya menetapkan TikToker bernama Galih yang memiliki akun @Galihloss29 sebagai tersangka. Hal ini dilakukan buntut dari konten tebak-tebakan terkait 'hewan mengaji'. Galih ditangkap oleh Dittipidsiber Bareskrim

01
|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

02
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

03