20 May 2024 - 01:27 1:27

Rusia Turun Tangan untuk Padamkan Kerusuhan di Kazakhstan

WartaPenaNews, Kazakhstan -  Kazakhstan, negara Asia Tengah yang sebelumnya cenderung stabil, mendadak bergejolak. Sejak kenaikan harga LPG dan bahan bakar pada awal 2022, demonstrasi pecah di sejumlah daerah, salah satunya di kota terbesar, Almaty.

Hingga Kamis (6/1), demonstrasi berubah menjadi kekacauan yang merenggut belasan nyawa aparat keamanan.

Dilaporkan juga penembakan dan pembunuhan terhadap pengunjuk rasa, yang jumlah korbannya belum diketahui hingga kini.

Perkembangan situasi di Kazakhstan, yang bermulai dari demonstrasi di kota kecil hingga menjadi kerusuhan mencekam yang penuh darah.

Kenaikan Harga LPG di Awal Tahun
Kenaikan harga LPG di awal 2022 sangat disesalkan rakyat Kazakhstan. Hal ini dikarenakan harga yang jauh lebih murah ketimbang bahan bakar minyak (BBM). Di Kazakhstan, LPG digunakan untuk bahan bakar kendaraan.

Pemerintah Kazakhstan memutuskan untuk mencabut batas harga per liter LPG, dan harga pun melonjak.

Rakyat yang tidak terima akhirnya berdemo pada akhir pekan lalu. Kota kecil Zhanaozen, Provinsi Mangistau, diramaikan oleh warga yang menuntut penurunan harga.

Demo pun meluas ke Kota Aktau, kota yang berlokasi di pesisir Laut Kaspia.
Pada Selasa (4/1), demonstrasi mencapai kota terbesar Kazakhstan, Almaty. Di sinilah demonstrasi berubah rusuh. Kepolisian mencoba membubarkan aksi dengan menggunakan granat kejut dan gas air mata.

Presiden Umumkan Keadaan Darurat
Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, mengumumkan keadaan darurat di Kota Almaty dan beberapa daerah di Provinsi Mangistau. Ia pun berjanji akan membahas aspirasi warga dengan kabinet pemerintahan.

Pengunjuk rasa menyerukan “Pak Tua Minggir!” sembari berdemo. “Pak Tua” merujuk pada Nursultan Nazarbayev, eks Presiden Kazakhstan yang mundur pada 2019 lalu.

Meski sudah mundur, penguasa selama tiga dekade ini tetap memiliki pengaruh yang sangat besar di pemerintahan Kazakhstan.

Jaringan internet hingga aplikasi pesan singkat, seperti WhatsApp dan Telegram, tidak bisa diakses.

Almaty Kacau, Presiden Bubarkan Kabinet
Buntut dari kekacauan, Presiden Tokayev memutuskan untuk membubarkan kabinet pemerintahannya. Tokayev menyatakan menerima pengunduran diri Perdana Menteri Askar Mamin.

“Deputi PM Alikhan Smailov akan mengemban tugas dasar Perdana Menteri sampai kabinet baru terbentuk,” tulis perintah Presiden Kazakhstan seperti dikutip dari AFP.

Selain itu, Nursultan Nazarbayev juga dipecat oleh Tokayev dari jabatan sebagai Kepala Dewan Keamanan Nasional. Ia juga memutuskan untuk kembali menurunkan harga LPG.
Tetapi, upaya-upaya Tokayev ini kurang mempan dalam meredakan kerusuhan.

Pada Rabu (5/1), kediaman Presiden dan rumah Wali Kota Almaty dilaporkan dibakar. Suara tembakan terdengar. Anggota militer dan kendaraan lapis baja dikerahkan ke alun-alun Kota Almaty.

Pada hari ini, sebanyak delapan aparat keamanan dilaporkan tewas dan 317 orang luka-luka. Jumlah korban dari sisi demonstran masih belum diketahui. Keadaan darurat diperluas hingga mencakup seluruh wilayah Kazakhstan.

Minta Bantuan Rusia
Tokayev menuduh pengunjuk rasa melakukan serangan terhadap penegakan hukum. Ia mengeklaim, negaranya tengah diserang oleh “kelompok-kelompok teroris.”

Akhirnya, pada Rabu malam, Tokayev pun meminta bantuan kepada koalisi militer Collective Security Treaty Organisation (CSTO) yang dipimpin Rusia.

Permintaan Tokayev disambut baik CSTO. Mereka mengatakan, pasukan terjun payung dari Rusia beserta negara anggota lain seperti Belarusia, Armenia, Tajikistan, Kirgistan akan dikerahkan ke Kazakhstan.

“Pasukan terjun payung sudah bergerak ke Kazakhstan dan unit lanjutan kontigennya sudah mulai melakukan tugas yang diberikan,” ucap organisasi itu.

Situasi Semakin Mencekam: 18 Aparat Tewas, 2 dalam Keadaan Terpenggal
Kamis (6/1) malam waktu setempat, kerusuhan antara pengunjuk rasa dan pasukan militer kembali pecah di plaza utama Almaty.

Reuters melaporkan, sebanyak 18 aparat keamanan tewas. Dua di antaranya ditemukan dalam keadaan terpenggal. 748 petugas luka-luka, dan 2.000 orang diamankan.
Kepolisian mengatakan, mereka membunuh puluhan pelaku kerusuhan pada Rabu (5/1) malam hingga Kamis dini hari. Tidak diketahui berapa banyak pengunjuk rasa yang menjadi korban jiwa. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
18 May 2024 - 12:19
Sosok Ayah Pacar Vina Cirebon Ternyata Seorang Perwira Polisi

WARTAPENANEWS.COM –  Ternyata sosok ayah pacar Vina Cirebon yang tewas dibunuh seorang Perwira Polisi. Diketahui, kasus Vina kembali jadi perhatian masyarakat setelah diangkat ke layar lebar pada 2024 dengan judul

01
|
18 May 2024 - 11:17
Gegara Perang Gaza, Ada Perpecahan Dalam Kabinet Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Satu demi satu perpecahan dalam kabinet Israel terkait perang di Gaza mulai terungkap. Menteri Pertahanan Yoav Gallant secara terbuka menuntut strategi yang jelas dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu,

02
|
18 May 2024 - 10:15
Pejabat Kemenhub yang Buat Sumpah Sambil Injak Al-Quran, Dilaporkan ke Polisi

WARTAPENANEWS.COM – Pejabat Kementerian Perhubungan bernama Asep Kosasih dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan penistaan agama. Laporan itu dibuat berdasarkan sebuah video viral yang menampilkan Asep sedang melakukan sumpah

03